oleh

Cara Masak yang Tepat Agar Gizi dalam Sayuran Tidak Hilang

Kabar6-Sebagian orang lebih memilih memasak sayuran, sementara lainnya mengonsumsi sayuran mentah sebagai lalapan. Memasak sayur memang memberi manfaat, namun di balik itu juga dapat merugikan.

Alasannya, karena panas yang dihasilkan saat memasak sayuran dapat menghilangkan nutrisi yang terkandung dalam sayuran, terutama vitamin serta mineral. Ada beberapa vitamin yang tidak tahan terhadap panas, seperti vitamin C dan vitamin B. Kedua vitamin tersebut termasuk vitamin yang larut air, sehingga dapat larut bersama air pada proses dimasak

Banyak cara untuk memasak sayuran, mulai dari merebus, kukus, atau menumis sayuran dengan sedikit minyak. Semua metode tadi tentu memiliki efek yang berbeda-beda terhadap sayuran. Melansir beberapa sumber, berikut uraiannya:

a. Mengukus sayuran
Cara dikukus adalah metode memasak yang paling baik untuk sayuran, terutama untuk sayuran yang mengandung vitamin larut air. Sayuran yang sebaiknya dikukus adalah brokoli, wortel, kembang kol, kacang hijau, bayam, dan sayuran berdaun hijau lainnya.

Mengukus terbukti dapat mempertahankan kandungan nutrisi dari sayuran lebih banyak daripada metode memasak lainnya. Gunakan panci khusus mengukus atau microwave untuk mengukus sayuran.

b. Memanggang sayuran
Memanggang sayuran dalam oven atau di atas kompor. Sayuran diberi minyak terlebih dahulu sebelum dipanggang. Pangganglah sayuran sampai berubah warna dan teksturnya menjadi renyah. Sayuran yang bisa dimasak dengan metode ini adalah asparagus, labu, buncis, kacang panjang, wortel, atau bawang bombay.

c. Menumis sayuran
Menumis dilakukan dengan sedikit minyak. Masakan akan menjadi lebih sehat dengan menggunakan minyak zaitun atau minyak kanola untuk memasaknya. Menumis dapat mempertahankan vitamin dan mineral, juga rasa dan warna sayuran. Menumis sangat cocok untuk memasak sayuran, seperti asparagus, baby artichoke, kacang kapri, paprika, bawang, dan jamur.

d. Merebus sayuran
Menggunakan metode ini untuk merebus kacang, kentang, bit, dan sayuran akar lainnya yang membutuhkan waktu lebih lama untuk matang. ** Baca juga: Apabila Dikonsumsi Berlebihan, 4 Jenis Sayuran Ini Bisa Picu Kenaikan Berat Badan

Ada juga metode blanching, yaitu merebus sayuran dalam waktu yang cepat pada suhu air yang lebih rendah, sebelum air mendidih. Agar tidak kehilangan vitamin dan mineral yang larut dalam air selama proses perebusan, mengonsumsi air rebusannya tersebut, seperti pada sup.

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru