oleh

Cara Lapas Pemuda Tangerang agar Warga Binaan Bebas dari Narkoba

Kabar6 – Lembaga Pemasyarakatan Pemuda Kelas IIA Tangerang menggelar skrining dan asesmen kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Kegiatan tersebut merupakan salah satu langkah pertama menuju Program Rehabilitasi Sosial Penyalahguna Narkotika.

Kasimin Kamtib Lapas Pemuda Tangerang, Ratno Budi mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya negara dalam mengurangi atau bahkan menghilangkan penyalahguna narkotika di Indonesia.

Kabar6.com
Cara Lapas Pemuda Tangerang agar Warga Binaan Bebas dari Narkoba.(Vee)

“Kami berharap kegiatan ini bisa membawa dampak positif bagi para WBP supaya mereka bisa terlepas dari belenggu narkotika yang menyebabkan mereka mendekam di Lapas Pemuda Tangerang,” ujarnya saat memberikan sambutan di Ruang Kuliah Kampus Kehidupan Lapas Pemuda Tangerang, Kamis (6/2/2020) siang.

Ratno Budi juga mengucapkan terima kasih kepada pihak BNNP Banten dan BNNK Tangerang yang hadir dalam acara itu dan juga telah program rehabilitasi sosial penyalahguna narkotika ini tersebut.

Skrining dan asesmen kepada para WBP yang digelar hari ini merupakan kelanjutan dari kegiatan serupa yang telah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan salah satu amanat negara yang telah dituangkan dalam Surat Edaran Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia No. M.HH/01.PK.01.06.04 Tahun 2015 tentang Mekanisme Pelaksanaan Rehabilitasi Narkotika bagi Tahanan dan Warga Binaan Pemasyrakatan di UPT Pemasyarakatan.

Cara Lapas Pemuda Tangerang agar Warga Binaan Bebas dari Narkoba.(Vee)
Cara Lapas Pemuda Tangerang agar Warga Binaan Bebas dari Narkoba.(Vee)

Sedianya, skrining dan asesmen kepada para WBP ini akan dilaksanakan selama 2 hari, mulai dari Kamis (6/2/2020) dan Jumat (7/2/2020). Sebanyak 100 WBP ditargetkan akan mengikuti rehabilitasi sosial ini.

**Baca juga: Lapas Pemuda Tangerang Gelar Perayaan Imlek dan Pembagian Remisi.

Harapannya semuanya akan bisa terlepas dari kecanduannya terhadap narkotika sehingga bisa mengurangi dampak buruk terhadap penyalahgunaan narkotika. (Vee)

Berita Terbaru