oleh

Cara Konsumsi Buah yang Tepat Saat Jalani Diet Sehat

Kabar6-Mengonsumsi buah-buahan secara rutin dinilai menjadi salah satu cara tepat untuk menurunkan berat badan. Karena itulah tidak sedikit orang yang memasukkan buah-buahan dalam menu harian mereka.

Namun ahli gizi dari Khoo Teck Puat Hospital, Singapura, bernama Let Weng Chuxiang mengatakan, sekalipun buah kaya akan vitamin, mineral dan serat, buah kurang akan kandungan protein, karbohidrat, dan lemak berkualitas tinggi.

Lebih lanjut Weng mengatakan, jika hanya mengonsumsi buah-buahan dalam jangka waktu lama, tubuh tidak dapat memperoleh nutrisi yang seimbang. Hal tersebut bisa berdampak negatif dalam pengendalian berat badan dan kesehatan secara khusus.

Jadi, lebih dianjurkan mengurangi gorengan serta mengonsumsi makanan rebus atau kukus lebih banyak, daripada terlalu banyak memakan buah.

Hal ini agar penurunan berat badan berjalan efektif dan aman. Melansir CNN Indonesia, berikut cara konsumsi buah yang tepat saat sedang jalani diet sehat:

1. Konsumsi dua porsi buah setiap hari
Satu porsi buah setara dengan apel kecil, jeruk atau pir, sepotong pepaya atau nanas, 10 buah anggur atau pisang ukuran sedang. Ahli menyarankan, konsumsi cukup untuk buah yakni dua porsi sehari.

2. Konsumsi berbagai buah
Mengonsumsi beragam buah akan memungkinkan tubuh memperoleh semua nutrisi penting yang dibutuhkannya. Jika perlu, belilah buah beku yang bisa disimpan lebih lama.

3. Pilih makan buah daripada minum jus
Meskipun jus diproses dengan cara press juice, tetap saja mengakibatkan hilangnya tiga nutrisi utama buah yakni serat, vitamin, dan mineral.

Jadi yang tertinggal hanyalah air dan gula. Apalagi, jus buah kemasan biasanya ditambahkan gula tambahan. Karena itu, lebih disarankan makan buah dibanding dijadikan jus. ** Baca juga: Kapan Sebaiknya Memasak Menggunakan Minyak Zaitun?

Apakah selama ini Anda sudah makan buah dengan cara yang tepat?(ilj/bbs)

Berita Terbaru