oleh

Cara Jitu Usir Insomnia

Kabar6-Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur, berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun.

 

Sebagian dari kita bisa jadi mengalami insomnia. Akibatnya saat bangun keesokan harinya, tubuh menjadi lesu, lemas, dan tidak bugar.

 

Nah, berikut adalah cara jitu untuk mengusir insomnia:

 

1. Mendengar musik yang menenangkan, dan memanjakan diri dengan mandi air hangat akan membantu tubuh serta pikiran menjadi lebih rileks. Latihan meditasi dan yoga disarankan untuk penderita insomnia akut.

 

2. Olahraga teratur dengan jarak 3-4 jam antara waktu tidur dengan waktu olahraga.

 

3. Jadwal tidur yang tidak teratur menjadi salah satu penyebab insomnia. Karena itulah biasakan untuk tidur teratur pada jam yang sama setiap harinya.

 

4. Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang bersifat stimulan sebelum tidur, seperti minuman yang mengandung kafein (kopi, teh dan cokelat hangat) menjelang waktu tidur. Jika minuman tersebut merupakan favorit Anda, konsumsilah empat jam sebelum waktu tidur.

 

5. Mengonsumsi makanan yang dapat menjadi “obat tidur”, seperti pisang almond dan madu. ** Baca juga: Apa Saja Sih Tipe Vegetarian itu?

 

6. Hormon melatonin memiliki peranan penting dalam mengatur siklus tidur, semakin stabil produksi hormon melatonin pada tubuh, maka semakin teratur pula siklus tidur. Tubuh tidak bisa memproduksi hormon melatonin di saat terkena paparan cahaya. Karena itulah, matikan lampu saat tidur.

 

7. Buatlah suasana kamar menjadi nyaman, sehingga tidur Anda akan menjadi nyenyak.

 

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru