oleh

Cara Aman Pilih Suplemen Kesehatan

Kabar6-Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh, banyak orang mengonsumsi suplemen kesehatan. Hal ini dlakukan ketika Anda tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tadi melalui makanan alami.

Suplemen kesehatan juga membantu memelihara, meningkatkan atau memperbaiki fungsi kesehatan. Meskipun memiliki beragam manfaat, suplemen kesehatan tak boleh dikonsumsi secara sembarangan. Artinya, saat memutuskan untuk mengonsumsi suplemen kesehatan yang tepat, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Nah, dalam situasi pandemi COVID-19 ini, klaim khasiat suplemen kesehatan telah diakui BPOM, namun masih sebatas membantu memelihara daya tahan tubuh. Melansir Kompas, ada empat hal yang harus diperhatikan saat Anda ingin memilih suplemen kesehatan. Apa sajakah itu?

1. Kemasan
Pastikan kemasan produk dalam kondisi baik. Tidak berlubang, sobek, karatan, penyok, atau bocor.

2. Label
Baca informasi produk yang tertera pada labelnya dengan cermat. ** Baca juga: Waspada, Ada Waktu Paling Krusial Pasien Tularkan Virus Corona

3. Izin edar
Pastikan produk memiliki izin edar dari BPOM. Izin edar dapat dicek melalui aplikasi android CEK BPOM.

4. Kedaluwarsa
Pastikan produk tidak melebihi masa kedaluwarsa serta tidak berubah warna atau bau.

Hal yang harus diingat, konsumsi suplemen kesehatan tidak untuk menggantikan makanan sehari-hari atau menggantikan obat yang dikonsumsi untuk menyembuhkan suatu penyakit.

Penggunaan suplemen kesehatan lebih ke arah memenuhi dan melengkapi kebutuhan sehingga membantu agar tubuh pulih dari kondisi penyakit tertentu.(ilj/bbs)

Berita Terbaru