oleh

Captiva Chevy Club Dukung Kebijakan Uji Emisi dan Mitigasi Perubahan Iklim

Kabar6-Program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Nomor 66 Tahun 2020 bakal mewajibkan uji emisi bagi kendaraan bermotor yang usianya diatas tiga tahun disambut baik oleh kalangan pecinta otomotif. Walau kebijakan penegakan hukum seperti bakal tilang diundur, tetapi tak mengendurkan semangat dalam kegiatan uji emisi.

Salah satunya klub otomotif penggemar mobil pabrikan asal Amerika Serikat, Chevrolet Captiva. Para penggemarnya yang bernaung di Captiva Chevy Club (3C -dibaca Trisi) mendukung pelaksanaan uji emisi untuk menjaga agar udara tetap bersih.

Salah satu bentuk dukungan, para pecinta SUV yang dikenal militan touring ini bakal melakukan kegiatan uji emisi bukan hanya di Jakarta, tetapi di seluruh 15 Chapter yang tersebar di Indonesia.
Kick off kegiatan sudah dimulai, Minggu 14 November 2021 lalu dengan awal dari Chapter Babe (Badak Betawi) bekerjasama dengan Bengkel Nawilis Jalan Tanah Abang 1, Jakarta Pusat.

“3C dukung udara bersih, tes uji emisi berlaku 1 tahun. Walau rencana penegakan hukum wajib uji emisi akan diundur, tapi sebaiknya kita bisa lebih siap diawal dan tidak panik kembali saat akan diberlakukan denda tilang,” ujar Ketua Chapter Babe, yang juga sekaligus Ketua Pelaksana kegiatan uji emisi, Dany Tjiptohartono melalui keterangan tertulis kepada redaksi, Rabu (17/11/2021).

Dany juga menghimbau,jangan selalu memperhitungkan untung rugi secara materiil jika peraturan denda tilang diundur entah kapan. Karena seharusnya tanpa denda tilang pun kendaraan harus dibawah ambang batas uji emisi yg ditentukan untuk kesehatan bersama dimasa depan .

Apalagi lanjut Dany,isu perubahan iklim yang menjadi konsen dan digencarkan negara diseluruh dunia, sebagai klub otomotif 3C senantiasa menjadi polopor dan pendukung kebijakan pemerintah di sektor otomotif, pariwisata dan lainnya, tak terkecuali seperti uji emisi demi terciptanya udara bersih dan masa depan yang lebih baik.

“Isu perubahan iklim dan dampaknya ini kan luar biasa. Sebagai klub otomotif justru kita adalah garda terdepan untuk memberikan contoh terbaik dalam berkendara termasuk menyiapkan kendaraan yang layak pakai, termasuk emisi gas buang kendaraan kita,” jelas Dany.

**Baca juga: Buka Lomba Bertutur Tingkat Nasional, Arief: Tingkatkan Semangat Membaca Dengan Bertutur

Dalam uji emisi kali ini dibatasi hanya 25 kendaraan karena pertimbangan situasi masih pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1 dan juga sebagai wujud taat prokes saat pandemi. Rencananya tiap sepekan akan terus diadakan dengan kuota 25 kendaraan.

Sebagai informasi, 3C adalah klub otomotif yang berdiri tahun 2009. Hampir 12 tahun berdiri hingga kini anggotanya tersebar hampir diseluruh Indonesia, dengan 15 Chapter dengan member ribuan.
3C dikenal sebagai klub otomotif dengan touring keluarga dengan mengunjungi tempat-tempat pariwisata hampir diseluruh nusantara.(red)

Berita Terbaru