oleh

Canggih, Pengemis di Tiongkok Pakai Sistem QR Code

Kabar6-Di setiap negara termasuk yang maju sekalipun, pasti ada pengemis yang sering beroperasi di tempat-tempat umum seperti pasar, taman, dan area publik lainnya. Dan biasanya, orang akan memberi uang kecil ke pengemis yang menghampiri mereka.

Nah, apabila Anda bukan termasuk orang yang senang membawa uang cash atau uang kecil (receh), tidak usah khawatir karena di Tiongkok, sebagian pemgemis tidak lagi menerima uang cash. Mengapa begitu?

Dengan revolusi digital yang ada saat ini, melansir timesnownews, pengemis di sana memakai QR Code. Jadi tidak perlu uang kecil jika ingin menyumbang pada mereka. Ya, sebagian pengemis di Tiongkok menggunakan semacam ID Card dengan QR Code yang tercetak di selembar kertas.

Mereka menerima pembayaran dengan Alipay dan WeChat Wallet, perusahaan e-wallet besar yang ada di sana.

QR Code adalah kode matriks atau barcode dua dimensi, merupakan sistem pembayaran yang menggunakan sebuah barcode atau QR (Quick Response) Code yang akan di-scan setiap akan melakukan transaksi pembayaran.

Biasanya sistem QR payment membutuhkan koneksi internet setiap akan melakukan transaksi pembayaran ketika Qr-code yang tertera pada smartphone akan discan.

Namun para pengemis tidak membutuhkan ponsel untuk mengoperasikan akun mereka, karena sistemnya adalah uang bisa langsung masuk ke dompet digital miliknya.

Lembar QR Code itu bisa digunakan untuk membeli barang apa pun yang ada di dompet digital mereka, tinggal memindainya saja di toko. ** Baca juga: Macan Tutul ‘Stroberi’ Langka Tertangkap Kamera di Cagar Alam Afrika Selatan

Sepertinya pengemis di sana pun tidak mau ketinggalan zaman.(ilj/bbs)

Berita Terbaru