oleh

Camat Solear Sebut Selokan Milik Pengembang Buruk

Kabar6-Camat Solear, Kabupaten Tangerang, Sonny Karsan menyebutkan, pengembang perumahan turut andil atas terjadinya genangan banjir di wilayah sekitar. Ia telah ajukan proposal normalisasi selokan dan tandon air di kawasan perumahan Taman Kirana Surya.

“Ini akibat buruknya sistem drainase yang dibangun pengembang. Untuk mengatasi itu, solusi sementara harus ada normalisasi kali dan perbaikan tandon penampung air di hilir perumahan TKS,” ungkap Sonny, kepada Kabar6.com, saat meninjau langsung ke lokasi terdampak banjir di RW 11 dan 12, pada Jumat (22/5/2020), malam tadi.

Menurut Sonny, banjir di perumahan TKS ini berlangung hampir setiap musim hujan tiba. Sebab lokasi perumahan yang dihuni hampir 5 ribu kepala keluarga ini berada pada dataran rendah.

Sementara, daerah resapan air yang berada pada dataran tinggi seperti di wilayah Cikuya, Cikasungka, perumahan Taman Adiyasa dan lainnya kini tengah gencar dilakukan pembangunan perumahan baru.

“Sumber masalahnya sudah terdeteksi, salah satunya disebabkan karena persediaan lahan resapan air di dataran tinggi itu sudah minim. Apalagi di kawasan itu sekarang sedang marak pembangunan perumahan baru, jadi air dari atas langsung meluap kesini semua,” katanya.

Selain solusi jangka pendek dengan menormalisasi saluran dan tandon air, pihaknya juga akan membangun tanggul setinggi satu meter di sepanjang saluran air tersebut.

**Baca juga: Banjir Semeter, Akses Jalan Raya Cisoka-Tigaraksa Terputus.

Beberapa waktu lalu, kata dia, pemerintah kecamatan Solear telah mengajukan proposal ke Pemerintah Kabupaten Tangerang, terkait dengan rencana pembangunan di perumahan itu.

“Proposal sudah kami ajukan. Semoga cepat terealisasi supaya rencana pembangunannya bisa dilakukan tahun ini. Tapi, mungkin juga bisa bergeser tahun depan, mengingat saat ini sedang dalam kondisi darurat Covid19,” ujarnya.(Tim K6)

Berita Terbaru