oleh

Camat Benda Klaim Puskesmas Jurumudi Baru Penuhi Standar

Kabar6-Warga Kelurahan Jurumudi Baru, Kecamatan Benda mengeluhkan keberadaan Puskesmas yang terdapat di wilayahnya. Pasalnya keberadaan puskesmas Jurumudi Baru pengelolaan limbah tidak berjalan dengan baik.

Camat Benda, Ahmad Suhaely mengklaim kalau Puskesmas Jurumudi Baru sudah memenuhi standar yang ditentukan. Hal ini setelah dilakukan pengecekan oleh Dinas Perkim, Lingkungan Hidup dan Kesehatan Kota Tangerang.

“Kita sudah berupaya segala pembuangan limbah di puskesmas ini memang betul betul aman bagi masyarakat sekitar. Karena setelah dicek IPALnya sudah berfugsi dengan baik. Limbah yang ada di Puskesmas sudah diproses sebelum dibuang,” kepada wartawan, Selasa (26/1/2021).

Soal rembesan yang dirasakan warga pihaknya masih menunggu hasil laporan dari Dinas Lingkungan Hidup. Setidaknya beberapa hari ini hasil akan diketahui.

“Nanti akan dikeluarkan hasilnya seperti apa? apakah ini rembesan dari IPAL atau curah hujan. Karena kita tahu kondisi curah hujan tinggi beberapa hari belakangan kita nunggu dari LH. Kita cek PHnya Normal diangka 7,7” katanya.

Hal senada diungkapkan oleh Kepala Puskesmas Jurumudi Baru, Suhendra. Ia mengatakan kalau keluhan warga ini sudah terjadi berulang kali dengan persoalan yang sama yakni rembesan air yang diduga berasa dari IPAL Puskesmas Jurumudi.

“Kami sudah menjelaskan kepada masyakat kaitannya dengan kondisi tempat isolasi yang pada dasarnya itu dilakukan dengan standart yang aman,” katanya.

Sejauh ini kata Suhendra, pihaknya sudah memperbaiki IPAL sebanyak 3 kali. “Artinya insyallah sudah berjalan dengan baik,” jelasnya.

Perkiraan sementara kata Suhendra, rembesan tersebut berasal daei air hujan. Karena diketahui, saat ini curah huja yang tinggi. “Nanti kita lihat hasilnya dulu apakah memang benar rembesan dari sini atau curah hujan kita belum tahu,” ujarnya.

**Baca juga: Warga Benda Keluhkan Sanitasi Puskesmas Jurumudi Baru Tak Berjalan

Menurutnya, limbah yang dihasilkan oleh Puskesmas Jurumudi tak tak jauh berbeda dengan rumah tangga. Seperti cuci piring, buang air kecil dan besar.

“Kan sama di sini ada septictank ya nanti diolah lagi dengan masuk ke IPALnya seperti itu jadi lebih aman. Jadi pada dasarnya ini bukan seperti rumah sakit yang ada darah,” tandasnya.(Oke)

Berita Terbaru