oleh

Calon Haji Kabupaten Lebak Mulai Disuntik Vaksin Meningitis

Kabar6-Calon jemaah haji Kabupaten Lebak yang dijadwalkan berangkat ke tanah suci tahun ini mulai mendapatkan vaksinasi meningitis. Tahun ini, calon haji berjumlah 295 orang dan 63 orang cadangan.

“Iya, mulai hari ini para calon jemaah haji disuntik vaksin meningitis. Hari ini sekitar 30 lebih jemaah di wilayah Cipanas yang sudah mendapat vaksin,” kata Kasi Imunisasi, Surveilans dan Krisis Dinkes Lebak, Tb Mulyawan, kepada Kabar6.com, Sabtu (21/5/2022).

Vaksinasi meningitis calon haji dilakukan secara jemput bola di setiap puskesmas wilayah jemaah maupun melalui kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH).

“Bisa di KBIH atau di puskesmas setempat. Hari ini ada beberapa jemaah yang tidak bisa mendapatkan vaksin karena mereka baru disuntik vaksin booster COVID-19, jadi nanti jadwal vaksinasi menunggu kesiapan mereka,” ujar Mulyawan.

“Mereka yang mendapat vaksin meningitis tentunya sudah terdaftar sebagai jemaah yang akan berangkat tahun ini, sudah pelunasan, dan mendapat surat istitoah dari puskesmas,” tambah Mulyawan.

**Baca juga: Waspadai Hepatitis Akut, Dinkes Lebak Minta Warga Tingkatkan PHBS

Mulyawan menjelaskan, vaksinasi meningitis memang sudah pernah diberikan kepada para calon jemaah pada 2 tahun lalu. Namun karena tertunda akibat pandemi, vaksinasi kembali harus dilakukan karena sudah melewati batas pengulangan.

“Sudah pernah, tapi karena sudah 2 tahun jadi harus diulang pemberian vaksinnya, dan ini gratis ya. Termasuk jemaah cadangan juga diberikan karena siapa tahu mereka juga berangkat,” katanya.(Nda)