oleh

Cahaya 10 Miliar Kali Lebih Terang dari Matahari Digunakan untuk Pecahkan Misteri Naskah Kuno

Kabar6-Tim peneliti Inggris menggunakan cahaya yang lebih terang dari cahaya matahari untuk mengungkap isi beberapa naskah kuno yang berusia sekira 2.000 tahun.

Naskah kuno itu selamat dari letusan Gunung Vesuvius yang terjadi pada 79 Masehi silam. Melansir MSN, ada dua gulungan naskah lengkap dan empat potongan naskah yang akan diungkap isinya. Semua itu merupakan peninggalan dari Perpustakaan Herculaneum yang terkubur akibat letusan dahsyat Gunung Vesuvius.

Para peneliti mempelajari isi naskah-naskah kuno itu pada fasilitas Diamond Light Source yang terletak di Oxfordshire, Inggris. Di sana terdapat sebuah akselerator partikel yang bisa memproduksi cahaya yang jauh lebih terang dibanding Matahari.

“Ini seperti alat CT Scan di mana Anda mengambil gambar seseorang, gambar tiga dimensinya, dan Anda seakan bisa membedah tubuhnya untuk melihat organnya,” jelas Laurent Chapon, direktur ilmu fisika Diamond Light Source.

Dikatakan, “Jadi, kami menyinari cahaya yang sangat intens ke naskah itu, dan di sisi lain kami mendeteksi sejumlah gambar dua dimensi. Dari situ, kami merekonstruksi bentuk tiga dimensi dari objek itu untuk bisa membaca teks di naskah tanpa merusaknya.”

Meskipun para peneliti telah menggunakan alat canggih tersebut, tinta pada naskah kuno itu sulit terbaca. Namun para peneliti berharap bisa membaca semua tulisan dalam naskah tersebut dengan mempelajari densitas kertas tempat karakter-karakter tulisan itu berada.

Para peneliti juga ingin mengembangkan sebuah algoritma machine learning untuk bisa mempelajari tulisan-tulisan misterius dalam naskah kuno tersebut. Mendatang, tulisan yang berhasil ditemukan akan dipelajari para peneliti di Kentucky University untuk diungkap artinya.

“Perpustakaan Herculaneum adalah satu-satunya perpustakaan yang berhasil bertahan dari zaman kuno. Karena itu, material di dalamnya sangat berharga,” ujar Brent Seales, profesor ilmu komputer di Kentucky University. ** Baca juga: Bau Durian Sebabkan Pesawat Air Canada Umumkan Kondisi Darurat

Disebutkan, “Tulisan dari dunia kuno itu langka dan sangat berharga, Selain itu, mereka sulit untuk ditemukan melalui proses lain semacam ini.”(ilj/bbs)

Berita Terbaru