oleh

Cacar Monyet Jadi Darurat Kesehatan Global, Dinkes Lebak Minta Waspadai Gejalanya

Kabar6-Cacar monyet ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO sebagai darurat kesehatan global. Sepanjang tahun 2022, kasus cacar monyet dilaporkan sudah mewabah di puluhan negara.

Menyikapi wabah tersebut, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak, mengatakan, sampai saat ini belum ada laporan mengenai penyakit tersebut. Namun, masyarakat diminta untuk mewaspadai gejala-gejalanya.

“Kasusnya di Lebak hingga saat ini belum ada. Tapi harus diwaspadai gejala-gejalanya seperti panas, kelainan pada kulit, bintik-bintik merah, hingga vesikel berisi cairan atau nanah,” ungkap Kabid Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Lebak, dr Firman Rachmatullah, Senin (25/7/2022).

Sama seperti virus Corona atau COVID-19, masyarakat amat perlu mencegah penyebarannya. Dinkes Lebak, sambung Firman, terus memantau dan berkoordinasi dengan tenaga kesehatan di seluruh fasilitas kesehatan.

**Baca juga: Satpol PP Lebak Minta PKL Patuhi Aturan: Bandel, Kami Tertibkan

Salah satunya mengenai protokol kesehatan dan yang harus terus didisiplinkan oleh masyarakat di tempat-tempat publik.

“Masyarakat juga diharapkan untuk meningkatkan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan serta segera datang ke fasilitas kesehatan kalau mengalami gejala-gejala yang tadi disebutkan,” jelas Firman.(Nda)