oleh

C-mask, Masker Buatan Jepang yang Terkoneksi Internet

Kabar6-Saat ini masker menjadi salah satu benda yang wajib dipakai saat bepergian ke luar rumah. Ada masker yang hanya sekali pakai, dan juga masker kain. Namun kini ada masker yang ternyata bisa terkoneksi dengan internet, lho.

Sebuah perusahaan startup di Jepang bernama Donut Robotics, melansir japantoday, mengembangkan masker cerdas yang bisa terkoneksi internet. Koneksi tersebut memungkinkan penggunanya bisa mengirimkan pesan dan menerjemahkan dari bahasa Jepang ke delapan bahasa lainnya.

Masker bernama C-mask ini menutup wajah sesuai dengan ukuran standar, dan terhubung melalui Bluetooth ke aplikasi smartphone serta tablet, yang bisa menyalin ucapan ke dalam pesan teks.

“Kami telah bekerja keras selama bertahun-tahun untuk mengembangkan robot dan kami telah menggunakan teknologi itu untuk menciptakan produk yang merespons bagaimana virus corona membentuk ulang kehidupan sosial,” jelas Taisuke Ono, kepala eksekutif Donut Robotics.

Ide pembuatan masker canggih ini muncul ketika mereka mencari produk untuk membantu perusahaan bertahan di tengah pandemi COVID-19. Dan September mendatang, sebanyak 5.000 C-mask pertama akan dikirimkan ke para pembeli.

Taisuke Ono berharap, C-mask yang dijual seharga Rp574 ribu ini, bisa dipasarkan hingga ke negara lain seperti Amerika, Tiongkok hingga Eropa. Untuk mengembangkan masker tersebut, Ono harus mengumpulkan dana sekira Rp3,7 miliar. Agar targetnya tercapai, Ono menjual saham Donut Robotics miliknya melalui situs crowdfunding Jepang Fundinno.

“Kami menaikkan target awal kami 7 juta yen dalam waktu tiga menit dan berhenti setelah 37 menit ketika kami telah mencapai 28 juta yen,” kata Ono. ** Baca juga: Overprotektif, Seorang Ibu di Rusia Larang Anaknya Keluar Rumah Selama 26 Tahun

Masker yang multifungsi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru