oleh

Butuh Rp 2 Triliun untuk Sehatkan Bank Banten

Kabar6-Pemerintah Provinsi Banten memperkirakan butuh dana Rp 2 triliun untuk menyelamatkan dan menyehatkan Bank Banten. “Idealnya itu sekitar Rp 2 triliun untuk menyehatkan Bank Banten,” ujar Sekretaris Daerah Provinsi Banten, Al Muktabar ditemui di gedung DPRD Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang, Selasa (14/07/2020).

Al Muktabar mengatakan dari kebutuhan dana saat ini, baru tersedia Rp 1,5 triliun. “Kekurangannya akan didapat dari pemilik saham lainnya yang mencapai 49 persen,” ujarnya.

Jikapun dipaksakan, kata dia, Pemprov Banten hanya bisa memberikan modal Rp 1,9 Triliun, itupun termasuk dana keuangan daerah yang masih mengendap di Bank Banten sebesar Rp 400 miliar.

**Baca juga: PSBB Covid-19, Nasib Ojol di Banten Diputuskan Nanti Malam.

Dana mencapai Rp 2 Triliun itu belum termasuk “uang segar” sebagai biaya operasional perbankan usai disehatkan.

“(Suntikan modal) Rp 1,9 Triliun itu totalitas dana kasda yang ada di Bank Banten, kurang lebih sekitar Rp 400 miliar dana yang sudah di SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana), kan dari bendahara daerah kepada bendahara OPD. Uangnya masih ada di Bank Banten. Kita juga butuh fresh money untuk mengoperasionalkan paska sehat.” (Dhi)

Berita Terbaru