oleh

Buruh PT Laksana Kurnia Sejati 3 Hari Kepung Perusahaan

Kabar6-Sejumlah buruh pabrik pewarna benang, PT. Laksana Kurnia Sejati (LKS) yang berlokasi di Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang,  menggelar aksi demo dihalaman perusahaan, Jumat (16/11/2012).

Selain menuntut gaji yang masih ditunggak oleh perusahaan, buruh juga menuntut pembayaran upah lembur, pemotongan Jamsostek sesuai aturan serta mempekerjakan kembali rekan mereka yang diberhentikan sepihak.

Warto, salah seorang buruh yang ikut dalam aksi demo itu mengatakan, aksi tersebut merupakan aksi solidaritas guna melawan kesewenang-wenangan kebijakan yang dikeluarkan perusahaan.

“Perusahaan ini tidak mengikuti aturan Undang-undang ketenagakerjaan. Selain memecat karyawan secara sepihak dan tanpaa pesangon, perusahaan juga memotong biaya Jamsostek buruh 3 kali lipat dari normalnya,” ujar Warto.

Menurutnya, bila  standarnya pemotongan biaya Jamsostek hanya sebesar Rp.30.508 ribu per bulan menjadi Rp.105 ribu perbulan untuk tiap orang.

Sedianya, aksi mogok yang dilakukan buruh PT LKS itu sudah berlangsung sejak 3 hari terakhir. Selain menggelar orasi di depan gerbang perusahaan, buruh pendemo juga sempat menggelar sweeping terhadap sejumlah buruh yang tetap nekat bekerja.

Buruh juga mengancam akan terus menggelar aksi tersebut, hingga pihak perusahaana mengabulkan tuntutan mereka. Aksi mogok buruh PT LKS itu juga mendapat bantuan dari Forum Serikat Pekerja Matal Indnesia (FSPMI) sebagai bentuk solidaritas.(ali)

Berita Terbaru