oleh

Buruh PT Jaba Garmendo Tuntut Tunggakan Gaji

Kabar6-Ratusan buruh PT Jaba Garmendo menggeruduk Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang milik Kementerian Keuangan Republik Indonesia di Ruko Boulevard BSD City, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

 

Wati (40), perwakilan buruh, mengatakan ingin melihat langsung proses lelang terhadap perusahaan yang sudah pailit sejak empat bulan silam. Diketahuinya ada dua badan usaha jasa perbankan swasta yang memenangi lelang.

 

“Kami enggak mau setelah lelang bank pemenang tidak melirik kami. Sudah empat bulan kami enggak digaji,” terangnya kepada wartawan disambut teriakan yel-yel kawannya, Senin (22/6/2015).

 

Menurutnya, mereka sengaja mendatangi kantor lelang milik Kementerian RI di bawah tanggung jawab Direktorat Kekayaan Negara itu lantaran tahu, kalau di dalam ruangan tersebut datang Bank MNC dan SBI sebagai pemenang lelang.

 

Kini kedua bank tersebut mempunyai kewenangan penuh terhadap perusahaan yang terletak di Cikupa, Kabupaten Tangerang itu. Wati mengaku, perusahaan masih memiliki kewajiban membayar upah Rp2,7 juta per bulannya sejak Maret lalu.

 

Belum lagi pesangon dan Tunjangan Hari Raya (THR) yang harus dibayarkan jelang Lebaran nanti. ** Baca juga: Kota Serang Perang Terhadap PSK & Miras

 

“Sejak pailit, kami bagi shift siang dan malam untuk jaga aset pabrik agar tidak ada maling. Ini malah ada bank yang mau ngambil lelang. Jangan sampai hasilnya tidak ingat dengan karyawan,” tegasnya.

 

Sementara, dari pihak Kantor Lelang dan kedua bank enggan memberikan komentar. Mereka memilih mengikuti prosedur yang sudah berjalan.(yud)

Berita Terbaru