oleh

Bursa Inovasi Dorong Kemandirian dan Pertumbuhan Ekonomi Desa di Lebak

Kabar6-Di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan perubahan yang dinamis dengan persaingan yang semakin ketat, pemenang tak lagi ditentukan besar-kecil atau kuat lemah, melainkan kecepatan dalam beradaptasi dengan perubahan.

Hal itu dikatakan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya saat menghadir Bursa Inovasi Desa (BID) Klutser 1 Wilayah Utara Program Inovasi Desa (PID) Kabupaten Lebak, di Gedung Assakinah, Jalan Soekarno-Hatta Rangkasbitung, Kamis (8/8/2019).

“Saya berharap bursa inovasi desa menjadi arena bertemunya gagasan dan ide, tukar menukar karya dan informasi antar desa. Pondasi utamanya saling terbuka,” kata Iti.

Bursa inovasi digelar Tim Inovasi Kabupaten Lebak yang diikuti oleh 522 peserta dari 172 desa dari 15 kecamatan.

Menurutnya, bursa inovasi merupakan sarana untuk menjembatani kebutuhan pemerintahan desa terhadap berbagai alternatif solusi dari berbagai masalah.

“Jangka menengahnya diharapkan membangun kapasitas desa yang berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial-ekonomi masyarakat dan kemandirian desa, sesuai dengan arah dan kebijakan dan sasaran Kementerian Desa pada RPJMN 2015-2019,” papar Iti.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lebak sekaligus Koordinator Tim Inovasi, Rusito mengingatkan, semangat take and give menjadi modal dasar dalam bursa inovasi.

“Singkirkan mental block untuk mempercepat penerapan inovasi desa. Silahkan diamati, ditiru dan dimodifikasi untuk direplikasi,” pesannya.

**Baca juga: Badak Banten Sinyalir Banyak Program Titipan dalam APBDes di Lebak.

Sementara itu, Ketua Pelaksana, Deni Setiawan menambahkan, desa akan memilih program-program yang akan diaplikasikan di desanya masing-masing terkait bidang infrastruktur, bidang sumber daya manusia dan bidang kewirausahaan/ekonomi.

“Secara umum ini mendorong penggunaan dana desa yang lebih berkualitas, efektif dan efesien melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang lebih inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat,” katanya.(Nda)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru