oleh

Bupati Pandeglang Minta Investor Utamakan Pekerja Lokal

Kabar6-Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi meminta kalangan perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Pandeglang untuk mengutamakan pekerja lokal, terutama untuk buruh kasar dan tak memerlukan keahlian khusus.

“Pada perusahaan yang telah beroperasi atau yang akan berinvestasi, saya tekankan agar dalam merekrut pekerja mengutamakan warga Pandeglang, terutama yang tinggal di sekitar daerah operasionalnya,” kata Erwan Kurtubi di Pandeglang, Senin (23/9/2013).

Ia menggarisbawahi, perusahaan masih dibolehkan mengambil pekerja dari luar daerah, terutama untuk tenaga ahli yang memang tidak ada di Pandeglang.

“Untuk tenaga ahli kita tidak mau ikut campur. Silakan saja perusahaan mencari dari daerah lain, tapi untuk buruh kasar atau pekerja yang tak perlu keahlian khusus harus mengutamakan warga kita,” ujarnya.

Erwan menegaskan, pihaknya tidak akan mengizinkan perusahaan yang tidak mau mempekerjakan warga setempat. “Aturan itu harus dipatuhi semua perusahaan,” ucapnya.

Disebutkan, perusahaan yang telah beroperasi di Pandeglang, hampir 80 persen pekerjanya merupakan warga Kabupaten Pandeglang. Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Pandeglang membutuhkan investor untuk mengelola berbagai sumber daya alam (SDA) yang ada, namun investasi tersebut harus juga dirasakan oleh masyarakat.

“Kita tidak ingin ada investasi tapi dampaknya tidak dirasakan langsung oleh masyarakat. Warga Pandeglang berhak ikut menikmati dari adanya investasi, di antaranya dengan menjadi pekerja di perusahaan itu,” ungkap Erwan.(ant/jus)

Berita Terbaru