oleh

Bupati Lebak Tak Izinkan Sekolah Tatap Muka di Zona Hijau

Kabar6- Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengatakan pihaknya masih belum berani memberi izin kegiatan sekolah tatap muka di zona hijau. Meskipun Kementerian Pendidikan dan Budaya membolehkan sekolah tatap muka di wilayah kategori hijau.

Setidaknya ada 11 sekolah yang mengajukan izin pembelajaran tatap muka ke Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak. “Hingga kini belum diberi izin,” ujar Iti Octavia Jayabaya di Kota Serang, Kamis (13/8/2020).

Iti menyebutkan alasannya tak mengeluarkan surat izin utuk pembelajaran tatap muka itu lantaran tidak ingin warganya menjadi korban Covid-19. Kalaupun nantinya izin sekolah tatap muka itu sudah keluar, pihaknya meminta protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus corona akan diberlakukan secara ketat.

“Minggu lalu, dinas pendidikan kami mengajukan ada 11 sekolah yang akan masuk tatap muka, walaupun wilayah itu masuk zona hijau, persyaratan cukup ketat. Di Lebak ini sekarang masuk zona orange, sekarang terkonfirmasi positif 29 orang,” jelasnya.

**Baca juga: Bupati Lebak Iti Octavia Sebut Sekolah Online Bermasalah.

Bupati Iti mengatakan sekolah online di wilayahnya menjadi masalah. Alasannya, fasilitas dasar yang mendukung pembelajaran jarak jauh atau belajar online seperti jaringan seluler dan smarthphone di Kabupaten Lebak masih belum merata. Di tambah letak geografis yang berbukit dan perekonomian warga banyak yang kurang mampu menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah.

“(Sekolah daring) di Lebak jadi masalah, di Lebak masih ada 52 titik blank spot, jadi terkendala,” ujar Iti.(Dhi)

Berita Terbaru