oleh

Bupati Lebak Berharap Baznas Optimalkan Pengumpulan ZIS

Kabar6-Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya berharap Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dapat merumuskan langkah-langkah strategis dalam mengoptimalkan pengumpulan zakat, infak dan sedekah (ZIS).

Hal itu disampaikan Iti saat melantik lima pimpinan Baznas Lebak periode 2022-2027, Kamis (27/1/2022).

“Saya berharap pengurus baru dapat merumuskan langkah-langkah strategis dalam mengoptimalkan penghimpunan zakat, infak dan sedekah di lingkungan OPD, BUMN, BUMD, pengusaha dan masyarakat,” kata Iti.

Begitu juga pada proses penyaluran, mendistribusikan dan mendayagunakan ZIS yang tidak hanya melalui pendekatan konsumtif namun mengedepankan pendekatan zakat produktif.

Menurutnya Baznas merupakan lembaga non struktural yang strategis menjadi mitra pemerintah daerah. Bukan hanya mengumpulkan zakat, tetapi juga bagaimana bisa menjadi jembatan antara masyarakat dengan pemerintah terutama dalam kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan yang tidak bisa dicover oleh pemerintah.

Sementara itu Komisioner Baznas Provinsi Banten Syibli Sarjaya meminta agar pimpinan baru untuk menghayati dan memahami secara mendalam visi Baznas sebagai lembaga yang bertujuan mensejahterakan umat.

**Baca juga: Masa Tanggap Darurat Gempa Berakhir Hari Ini, Lebak Transisi Kepemulihan Dini.

**Cek Youtube: Pedes! Bahas Rencana Pemekaran Tangerang Utara

“Mantapkan niat, bulatkan tekad untuk mengabdi di Baznas Kabupaten Lebak yang merupakan mitra kerja dari bupati dan seluruh OPD lainnya dalam rangka mensejahterakan masyarakat,” katanya.

Berikut 5 pimpinan Baznas Lebak periode 2022-2027:

Ketua: KH. Wawan Gunawan
Wakil Ketua I (Bidang Pengumpulan): H. Adjibulwathoni
Wakil Ketua II (Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan): H. Nurul Huda
Wakil Ketua III (Bidang Perencanaan, Keuangan dan Pelaporan) : H. Eri Rachmat
Wakil Ketua IV (Bidang SDM dan Umum): KH. Didin Abdulatif.(Nda)

Berita Terbaru