oleh

Bulan Ini Dana Bantuan Provinsi Banten untuk 8 Wilayah Cair

Kabar6 – Pemprov Banten akan segera mencairkan bantuan keuangan (bankeu) kepada delapan Kabupaten dan kota bulan Februari ini.

Untuk diketahui, pada APBD tahun anggaran 2020, alokasi anggaran Banprov kepada Kabupaten/kota menvapai Rp 425 miliar, dengan rincian untuk Kabupaten Serang mendapatkan Rp80 miliar, Kabupaten Lebak Rp65 miliar dan Kabupaten Pandeglang Rp55 miliar, disusul Tangerang Raya, Kota Serang dan Kota Cilegon masing-masing Rp45 miliar.

Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Banten Mahdani mengatakan, secara umum pencairan bankeu ke kabupaten/kota hanya tinggal menuntaskan dua tahapan lagi. Seluruhnya diprediksi akan rampung di Februari agar langsung bisa dikucurkan.

“Insya Allah sudah bisa (dicairkan bulan ini),” kata Mahdani, kepada wartawan, Senin (10/2).

Menururnya, Pemprov Banten saat ini tengah merampungkan proses verifikasi penyusunan juknis mengenai kucuran dana Banprov.

“Hari ini sedang diverifikasi Bappeda (Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah). Sedang melihat usulan kabupaten/kota, fokusnya harus pendidikan, kesehatan dan infrastruktur. Kadang usulannya macam-macam. (Verifikasi) belum selesai, dua hari ini mungkin sudah bisa ditetapkan,” katanya.

**Baca juga: 2 Personil Polres Serang Kabupaten Diganjar Paket Umrah.

Setelah verifikasi rampung, kata dia, Biro Administrasi Pembangunan akan menyusun petunjuk teknis (juknis) pencairan dan pertanggung jawaban penggunaan bankeu. “Verifikasi sampai clear, di-acc programnya lalu masuk ke kita lalu difinalkan. Kalau ini sudah selesai ya sudah (bankeu bisa dicairkan). Kalau teknis pencairan masih sama seperti tahun lalu, sebanyak empat tahap,” tuturnya. (Den)

Berita Terbaru