oleh

Bulan Bahasa dan Sastra, Sekolah Dewi Kunti Tigaraksa Gelar Musikalisasi Puisi

Kabar6-Bersandar pada tari warna pelangi. Kau depanku bertudung sutra senja. Di hitam matamu kembang mawar dan melati Harum rambutmu mengalun bergelut senda.

Begitulah sepenggal Sajak Putih, puisi karya Chairil Anwar dibawakan dengan apik oleh Tifany, Aurora Sang Kinanthi, Erie, Dhini dan seorang siswa pria kelas IX Ibnu Sina dalam lomba musikalisasi puisi di sekolah mereka SMP Dewi Kunti School Rabu 30 Oktober 2019.

Grup Tifany dkk ini meraih juara pertama lomba antar kelas tingkat IX. Meski hanya berkompetisi di sekolah namun para siswa mengaku serius berlatih sebelum berlomba.

Aurora mengatakan senang dengan kegiatan ini. “Saya suka musikalisasi puisi, meski tak jago baca (-puisi),”katanya tersipu.

Lomba ini cukup meriah diikuti antusias seluruh siswa baik tingkat VII, VIII dan IX. Setiap tingkat diambil juara 1, 2,3 dan harapan 1 dan 2 dengan hadiah uang pembinaan.

Menurut Kepala SMP Dewi Kunti School Betsy Vernoleta musikalisasi puisi menjadi pilihan SMP Dewi Kunti School untuk memperingati bulan bahasa dan sastra. Para guru bahasa Indonesia kemudian mengadakan kompetisi musikalisasi puisi antar grup siswa tingkat VII, VIII dan IX.

Betsy Vernoleta mengatakan bulan bahasa dan sastra diperingati di sekolah untuk membudayakan siswa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Tahun lalu peringatan bulan bahasa diwarna kompetisi drama antar tingkat siswa SMP.

“Merujuk pada sejarah bangsa 28 Oktober yang diperingati sebagai Hari Sumpah pemuda, bahasa resmi yang digunakan bahasa Indonesia, dan kami memperingatinya dengan lomba untuk mengasah kemampuan siswa dalam pengembangan bahasa dan sastra,” kata Betsy saat membuka acara bertempat di aula Dewi Kunti School )uri Permai Tigaraksa.

Karena dikompetisikan maka menurut Guru Bahasa Indonesia Hilmawati Yulia, sekolah mengundang juri yang berkompeten di bidangnya.

Yulia menyebutkan ada dua juri yakni Ayu Cipta yang berkiprah di bidang sastra dan penulis puisi dan Sha Ly anggota teater Sanggar 141 Tangerang yang juga menulis puisi.

**Baca juga: Tunggakan BPJS Rp 13,3 Miliar, RSUD Balaraja dalam Kondisi Genting.

Kepada kabar6.com, Ayu Cipta mengatakan para siswa SMP Dewi Kunti School cukup kreatif dalam merangkai musikalisasi puisi. Mereka membawakan puisi-puisi seperti Aku dan Sajak Putih Chairil Anwar dengan apik. Ada juga puisi Senja di Pelabuhan Kecil dan sejumlah karya penyair Indonesia lainnya.

“Kemampuan siswa harus terus diasah sehingga perpaduan puisi yang digubah menjadi lirik lagu dinyanyikan dengan baik dengan iringan musik, ditambah pembacaan puisi di sela nyanyian menjadi harmonisasi sebuah musikalisasi puisi,” kata Ayu yang juga seorang jurnalis di media nasional.(GFM)

Berita Terbaru