oleh

Bukan Air Es, Ada 6 Makanan dan Minuman yang Bisa Hilangkan Rasa Pedas

Kabar6-Makanan pedas menjadi pilihan favorit banyak orang, karena efeknya membuat ‘melek’, terlebih saat dilanda kantuk. Level pedas tiap orang tentu saja berbeda, tergantung selera.

Nah, saat lidah terasa ‘terbakar’ karena rasa pedas, banyak orang yang mengatasinya dengan minum air es. Padahal, minum air es tidak membantu meredakan rasa pedas lho. Bagaimana solusinya? Melansir beberapa sumber, berikut enam makanan dan minuman yang bisa jadi penghilang rasa pedas:

1. Produk susu
Selain susu, produk seperti yoghurt dan keju dapat menghilangkan rasa pedas karena kandungan lemak dalam produk susu dapat menetralkan rasa panas dalam mulut.

2. Gula
Taburkan atau hamburkan gula pada lidah lalu hisap selama 30 detik, kemudian gula akan menyerap rasa pedas dalam mulut.

3. Nasi
Makan nasi sekira dua sendok makan saat Anda merasa kepedasan. Butiran nasi dapat menarik rasa pedas di mulut.

4. Jeruk nipis
Hisap potongan jeruk nipis yang dipercaya dapat mendinginkan lidah saat terasa terbakar. ** Baca juga: Konsumsi Sayur Kangkung Bikin Mengantuk?

5. Selai kacang
Sama seperti produk susu, selai kacang mengandung lemak yang dapat ‘mendinginkan’ rasa pedas di mulut. Makan selai kacang juga dapat membantu menetralkan rasa pedas.

6. Jus buah
Kepala terasa pusing adalah efek dari makan pedas, yang dapat membuat Anda mengalami dehidrasi. Untuk mengatasinya, segera minum jus buah untuk menetralkan pedas dan meredakan pusing di kepala.

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru