oleh

Buka Rakerda Karang Taruna Banten, Ketum Andika Apresiasi Gubernur WH

Kabar6 – Ketua Umum Karang Taruna Provinsi Banten, Andika Hazrumy membuka Rakerda Karang Taruna Provinsi Banten 2021 di Aula Kantor Dinas PUPR Banten, Kota Serang. Andika yang juga Wakil Gubernur Banten ini mengapresiasi Gubernur Banten Wahidin Halim, yang dinilainya telah sangat mendukung keberadaan Karang Taruna Banten.

“Seperti kita ketahui bersama, kita Karang Taruna Banten berkomitmen untuk tidak menerima dana hibah sampai sekarang. Tapi Alhamdulillah berkat dukungan Pak Gubernur, program-program kita dapat berjalan dan berhasil sukses,” kata Andika Hazrumi, Rabu (08/12/2021).

Dikatakan Andika, pelaksanaan rakerda kali ini harus dimanfaatkan pengurus Karang Taruna Banten untuk mensinergikan program kerja yang dirumuskan dengan program kerja Karang Taruna kabupaten kota se-Banten. Untuk itu, Karang Taruna Banten telah mengeluarkan POP atau peraturan organisasi provinsi sebagai acuan dalam mensinergikan program kerja dengan Karang Taruna kabupaten/kota.

“Dalam POP itu diatur mulai dari kepengurusan, rapat dan siding, kesekretariatan, hingga sistem kerja sama dan kemitraan,” imbuhnya.

Menurut Andika, POP sengaja dibuat untuk menata organisasi agar lebih dinamis mengingat Karang Taruna adalah mitra strategis pemerintah baik pusat, maupun daerah. Meski begitu, terkait hibah sendiri, kata Andika, pengurus Karang Taruna kabupaten/kota di Banten boleh berinovasi atau tidak harus sama dengan apa yang dilakukan Karang Taruna provinsi. Andika mengaku maklum jika pengurus kabupaten/kota masih menjadikan hibah dari pemerintah daerah sebagai basis dalam menjalankan program kerjanya. “Soalnya kalau Karang Taruna kabupaten/kota kan memang memiliki wilayah binaan mulai dari kecamatan sampai desa-desa,” imbuhnya.

Masih terkait komitmen tidak menerima hibah dari Pemprov Banten, Andika mengatakan, hal itu dimaksudkan agar terjadi kemandirian di tubuh organisasi sosial yang dipimpinnya itu. Menurutnya, Karang Taruna sebagai organisasi sosial dapat bekerja dengan baik jika berbasis pada program kerja yang jelas.

“Kita sudah buktikan, kita tidak banyak bicara tapi banyak kerja. Kita tidak pernah mengintervensi ini itu, tapi kerja nyata untuk masyarakat,” ujarnya.

**Baca juga: Dilantik Jadi Ketua Karang Taruna Banten, WH: Andika Pemimpin Masa Depan

Terkait penyusunan program kerja yang terdekat, Andika mengingatkan, agar para pengurus Karang Taruna yang baru dilantik itu memprogramkan sebuah program kerja kaitannya dengan meningkatkan optimisme masyarakat untuk dapat bangkit dari pandemik Covid 19.

“Program ini bias dilakukan bukan hanya saja yang sifatnya campaign, tapi dengan mendorong perekonomian masyarakat hidup sehingga dengan sendirinya optimism masyarakat timbul,” tuturnya.(dhi)

Berita Terbaru