oleh

Budi Prajogo: Jangan Buat DPRD Banten PHP Kepada Warga Saat Reses

Kabar6-Wakil Ketua DPRD Banten, Budi Prajogo berharap kepada pihak eksekutif untuk segera menyiapkan sarana dan prasarana Sistem Informasi Manajemen Perencanaan, Penganggaran, dan Pelaporan (SIMRAL) dari DPRD Banten, melalui penjaringan kepada masyarakat agar nantinya bisa dibahas dan dikerjakan oleh pemerintah pada tahun anggaran selanjutnya.

Proses penginputan Simral dari dewan tersebut bisa berasal dari kegiatan-kegiatan reses anggota DPRD Banten, di daerah pemilihannya (dapil) masing-masing, berdasarkan masukan dan saran dari masyarakat agar bisa disampaikan dan dibangun.

Meski begitu, pihaknya tidak ingin, kegiatan reses yang tengah dikerjakan oleh anggota DPRD Banten menjadi percuma, lantaran proses penginputannya yang belum siap, sehingga akan membuat masyarakat menjadi berharap banyak, pada satu sisi, penginputan Simral-nya belum siap.

“Jangan menjadi PHP kepada masyarakat, karena penginputannya terganggu,” tegas Budi, kepada Kabar6.com, Senin (9/3/2020).

Untuk diketahui, saat ini ke-85 anggota DPRD Banten tengah menjaring aspirasi dari masyarakat melalui kegiatan reses di dapilnya masing-masing.

Lanjut Budi, dari kegiatan reses sebelumnya, pada November 2019 juga, ternyata sampai saat ini, hasil penjaringan aspirasi dari masyarakat oleh anggota DPRD Banten masih banyak dikantongi oleh dewan, lantaran belum masuk kedalam Simral milik Pemprov Banten.

“Belum, reses pada bulan November 2019 kemarin juga belum dimasukan. Masih kita kantongi,” terang Budi, seraya menambahkan, seharusnya Pemprov Banten saat ini telah mempersiapakan sarpras untuk penginputan Simral dari Dewan, sebelum nantinya dibahas dan dikerjakan tahun depan.

Anggota Komisi III DPRD Banten, Mareta Dian Arthanti mengatakan, pada saat menggelar reses, pihaknya mengaku sering memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai fungsi dan tugas pokok dari DPRD Banten, termasuk mengenai mekanisme dan tahapan selanjutnya dari hasil kegiatan reses untuk selanjutnya ditangani oleh OPD terkait.**Baca juga: DPRD Panggil Direksi PT Pembangunan Investasi Tangerang Selatan.

“Kalau saya sering kasih tahu, mengenai mana-mana saja kewenangan Provinsi dan daerah lain, termasuk kewenangan kita dan siapa yang menangani selanjutnya, setelah masukan dari masyarkat tadi kita serap dan kita sampaikan kepada pihak terkait,” katanya.(Den)

Berita Terbaru