oleh

Buah yang Mengandung Gula Alami Sebabkan Anda Bertambah Gemuk?

Kabar6-Pada diet rendah karbohidrat, selain nasi putih, roti, kentang, dan pasta, ternyata banyak ahli gizi yang menganjurkan pelaku diet untuk tidak mengonsumsi buah. Mengapa demikian? Benarkah buah yang mengandung gula alami dapat membuat berat badan naik?

Karena juga mengandung gula, melansir Menshealth, maka buah pun dapat meningkatkan kadar gula darah. Nah, kadar gula darah dapat meningkat dan menurun sepanjang hari, tergantung pada waktu makan dan jumlah makanan yang Anda konsumsi. Kadar gula darah yang meningkat secara konstan dapat menyebabkan terjadinya peningkatan berat badan dan berbagai efek samping lainnya yang buruk bagi kesehatan.

Namun karena kandungan gula dalam buah merupakan gula alami dan juga mengandung banyak vitamin, mineral, serat, antioksidan, serta berbagai nutrisi lainnya, maka mengonsumsi buah biasanya tidak akan menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang sama tinggi dengan saat Anda mengonsumsi permen dan biskuit. Hal ini karena buah mengandung serat yang dapat mencegah peningkatan kadar gula darah terlalu tinggi.

Ada banyak penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi buah biasanya memiliki berat badan yang lebih rendah dan memiliki risiko lebih rendah untuk menderita gangguan jantung, tekanan darah tinggi, kanker, dan berbagai penyakit lainnya. ** Baca juga: Ngemil Keripik Berlebihan Tidak Disarankan

Buah juga mengandung banyak air dapat membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya. Jadi, selama Anda tidak mengonsumsi buah secara berlebihan, maka kadar gula darah tidak akan meningkat tajam dan tidak akan terlalu berpengaruh terhadap berat badan Anda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru