Home / Aneka Berita / Sehat / Buah-buahan yang Bikin Perut Kembung & Tidak Rata
Ilustrasi/bbs

Buah-buahan yang Bikin Perut Kembung & Tidak Rata

Kabar6-Menurut seorang pakar nutrisi sekaligus pendiri sebuah blog yang membahas mengenai nutrisi untuk kehidupan, buah sarat akan gula yaitu fruktosa dan sorbitol (gula alkohol), dan kedua nutrisi ini justru dapat menimbulkan gas dan membuat kembung.

Karena itulah seringkali usai makan buah, perut Anda sering terasa kembung. Melansir dokter.id, berikut adalah beberapa jenis buah yang membuat perut kembung dan tidak rata:

1. Apel
Apel memang kaya antioksidan. Bahkan, apel hijau mengandung lebih banyak antioksidan dari buah lainnya. Namun buah ini tidak menjadi teman harian yang baik untuk perut Anda. Buah apel mengandung tinggi fruktosa atau gula buah, yang beberapa orang sulit untuk mencernanya.

Jadi saat tubuh Anda berespon untuk menurunkan kadar gula tersebut akan terbentuk banyak gas yang membuat perut Anda kembung. Apabila Anda mengalami hal ini, maka cobalah untuk makan setengah buah apel jangan langsung makan semuanya. Kunyahlah dengan perlahan. Apabila Anda makan lebih sedikit, maka akan mengurangi jumlah fruktosa yang masuk ke tubuh.

Selain itu, kadar gula yang masuk ke tubuh secara perlahan memberi waktu untuk tubuh Anda mencerna apel tersebut sehingga gas yang terbentuk tidak terlalu banyak.

2. Pir
Pir mengandung pektin, sejenis serat larut yang membantu menurunkan kolesterol dan membuat Anda merasa kenyang. Sayangnya, pir juga mengandung sejumlah kecil dari sorbitol, gula alkohol. Pada beberapa orang akan juga akan merasa perutnya penuh dengan gas, merasa kembung bahkan kram. Cara mengatasinya hampir sama dengan buah apel yaitu makan dalam jumlah sedikit dan kunyah secara perlahan.

3. Ceri, anggur, mangga, & nanas
Buah-buahan tersebut mengandung banyak gula. Kadang-kadang, beberapa gula yang tidak bisa sepenuhnya diserap dalam usus halus-sehingga akhirnya terjebak dalam usus besar dan menyebabkan perut Anda kembung seperti balon.

Cara terbaik untuk membantu tubuh Anda benar-benar mencerna semua gula adalah dengan mengunyah buah-buahan tersebut dengan sangat perlahan. Selain itu cukup makan sekira satu cangkir untuk buah ceri dan anggur, sedangkan mangga cukup ½ buah dan nanas cukup ¼ saja. Sehingga Anda membatasi jumlah gula yang masuk ke dalam tubuh Anda dan mencegah kembung. ** Baca juga: Sejumlah Makanan yang Bisa Bikin Wajah Tampak Lebih Tua

Buah-buahan di atas memang bisa membuat kembung. Oleh karena itu bila Anda memang sedang berdiet jangan lupa untuk menyertakan sayur-sayuran juga. Bila perlu mungkin Anda dapat minum suplemen probiotik untuk meningkatkan kualitas bakteri di usus, sehingga mampu mencerna lebih baik dan tidak mudah mengalami kembung.(ilj/bbs)

Check Also

Ladies, Hati-hati Gunakan G-String

Kabar6-G-string adalah sebutan untuk celana dalam wanita yang tidak terdapat bagian penutup bokong dan biasanya ...