oleh

BSD GOP 9, Ramah Lingkungan & Irit Energi

Kabar6-Di tengah pembangunan “hutan beton” yang kadang tidak memperhatikan kelestarian lingkungan sekitar, Sinar Mas Land (SML) hadir mengembangkan gedung ramah lingkungan, BSD Green Office Park (GOP) 9.

 

Gedung senilai Rp255 miliar yang ditargetkan selesai dibangun pada kuartal ketiga tahun depan, menyediakan 20.700 meter persegi area untuk disewakan, dengan jangka waktu penyewaan hanya tiga tahun.

 

GOP 9 adalah gedung perkantoran ramah lingkungan keempat di BSD Green Office Park, sekaligus yang pertama dilengkapi dengan auditorium.

 

Luas ground floor GOP 9 mencapai 3.200 meter persegi dan 3.500 meter persegi untuk typical floor. Dengan periode pembangunan diperkirakan mencapai dua tahun.

 

Sebagai pengembang, Sinar Mas Land (SML) memang sengaja tidak memperjualbelikan area tersebut, agar konsep green building tidak berubah. ** Baca juga: Yoko Robusta Kopi, Rasa yang Tak Pernah Bohong

 

Sewa bangunan itu menurut Director Regulation, Compliance, and Sustainable Programmes SML, Ignesjz Kemalawarta, diperuntukkan sebagai gedung perkantoran.

 

“Gedung hijau memang biaya pembangunannya lebih mahal, tetapi harga sewa kami tetap mempertimbangkan daya beli tenant dan persaingan yang ada,” ujarnya,  Kamis (21/5/2015) kemarin.

 

Harga sewa yang dipatok untuk ground floor sebesar Rp300 ribu. Sementara untuk typical floor Rp200 ribu. Untuk biaya service yang dikenakan senilai Rp80 ribu per meter persegi tiap bulan.

 

Kepala Divisi Bangunan Perkantoran SML, Anny Janty Gorat, mengatakan bahwa selain mengusung konsep recycle water dan hemat konsumsi energi, GOP 9 mayoritas diisi ruang terbuka ketimbang indoor.

 

“Ruang terbuka hijau di GOP 9 mencapai 65%, sedangkan ruang tertutupnya 35%”, jelasnya.

 

Dalam pembanguan BSD GOP, SML mengklaim pihaknya menggunakan lebih banyak material lokal yaitu mencapai 80%. Sementara material atau produk khusus seperti marmer dengan spesifikasi warna custom, harus dibeli dari luar negeri. (ilj)

Berita Terbaru