oleh

BPS Tangsel: IPM Tangsel Paling Bagus di Banten

Kabar6-Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), melansir bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di daerah bekas pemekaran Kabupaten Tangerang ini paling bagus di antara daerah lain di Provinsi Banten. BPS mencatat IPM di Kota Tangsel mencapai 77,13 persen.

IPM sendiri adalah indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia. Ada beberapa kategori untuk mengukur IPM, seperti angka harapan hidup, angka melek huruf, rata-rata lama sekolah dan pengeluaran per kapita disesuaikan.

“Kota Tangsel IPMnya tinggi karena berbagai sarananya, mulai dari akses pendidikan hingga kesehatan amat menunjang. Bila hal ini terpenuhi akan meningkatkan SDM yang berimplikasi tingginya IPM,” kata Kepala BPS Kota Tangsel Darusman.

Tingginya IPM di Kota Tangsel tidak terlepas dari kota tersebut yang memiliki berbagai sarana penunjang. Seperti fasilitas pendidikan, kesehatan, dan sebagainya.

Ia mencontohkan angka harapan hidup di Kota Tangsel, mencapai 69,17 tahun, tertinggi dibanding tujuh kabupaten/kota lainnya. Rata-rata di Banten sendiri angka harapan hidup hanya 65,47 tahun.

Sedangkan untuk melek huruf, mencapai 98,62 persen, lebih tinggi dari rata-rata di Banten yang mencapai 96,87 persen. **Baca juga: Ribuan Warga di Serpong Masih Tergolong Miskin.

Adapun rata-rata lama sekolah di Kota Tangsel mencapai 10,99 tahun, lebih tinggi dari rata-rata di Banten yang hanya 8,61 tahun. Pengeluaran per kapita mencapai Rp 652,52 per tahun, lebih tinggi dibanding rata-rata Banten yang hanya Rp 639,28 per tahun.(yud)

 

Berita Terbaru