oleh

BPPT: Lokasi Longsor di Tangsel Sering Dilintasi Truk

Kabar6-Titik lokasi longsor di RT 04 RW 03, Kademangan, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kemarin sore terjadi pada lahan yang kosong di lingkungan padat deretan bangunan ruko dan kontrakan.

Insiden itu menyebabkan dua orang warga meninggal serta terluka.

“Material longsoran terlihat ada bongkah batu sehingga kemungkinan besar adalah material timbunan,” ungkap Nur Hidayat, peneliti dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi lewat keterangan tertulis ke kabar6.com, (Senin, 2/12/2019) malam.

Sekilas dari hasil pengamatannya, longsor yang terjadi telah merusak turap yang ada. Sebagai informasi daerah ini merupakan perbukitan yang padat penduduknya.

“Dan di lokasi longsor tepat dibelakangnya terdapat jalan tembus yang seringkali dilewati truk pengangkut batu dan tanah yang tentunya merupakan beban bergerak disamping beban tetap dari ruko dan kontrakan disekelilingnya,” paparnya.

Hidayat menambahkan, indikasi pergerakan tanah sebenarnya sudah terjadi awal terbukti. Pada bangunan ruko dan kontrakan yang retak di lantai dan dinding, sehingga ini harusnya bisa menjadi peringatan (warning).**Baca juga: Tanah Longsor di Tangsel, Warga: Kayak Semacam Urukan Gitu.

“Yang perlu diwaspadai adalah pola retakan yang menerus sejajar tebing bisa berpotensi mempercepat gerakan tanah saat hujan turun,” tambahnya.(yud)

Berita Terbaru