oleh

BPOM Gerebek Gudang “Jamu Kuat” di Taman Tekno BSD

Kabar6-Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Iindonesia (BPOM-RI) menggerebek gudang penyimpanan produk jamu ilegal di kawasan Taman Tekno, Blok O1/6, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Dari lokasi pergudangan tersebut, petugas sukses menyita belasan ribu kardus berisi kemasan jamu palsu siap edar.

Kepala Pusat Penyidikan BPOM-RI, Hendri Siswandi menjelaskan, penggerebekan terhadap gudang produk jamu palsu ini berawal dari banyaknya hasil temuan di lapangan.

Banyak diantara toko dan warung begitu bebas memasarkan produk obat-obatan dan jamu palsu. “Ada 11 ribu kerdus yang diamankan saat penggeledaan ini. Dan semua produk ini mengandung zat kimia berbahaya,” terang Siswandi, Sabtu (29/11/2014).

Dipaparkannya, jumlah produk illegal yang disita terdiri dari 5.000 kardus berisi jamu dan 6.000 kardus obat kuat. Kini petugas mengklaim sedang mengejar pemilik industri obat-obatan dan jamu palsu.

Dari hasil penggerebekan di pergudangan Taman Tekno ini, setidaknya ditemukan sebanyak 5.000 kardus berisi kemasan jamu palsu berbagai merk dagang.

Seperti madu klanceng, jamu tradisional Ayu, obat herbal pegel linu, asam urat klanceng, jamu gali-gali stamina pria, jamu amat dan jamu pegel linu mahkota dewa.

Siswandi menambahkan, obat-obatan dan jamu ilegal itu sangatlah berbahaya jika dikonsumsi. Sebab kandungan bahan dasar zat kimia yang digunakan berbahaya bagi organ tubuh manusia. **Baca juga: Seni Tradisional Informasikan Pembangunan di Banten.

“Jamu ilegal ini bukan berdasarkan bahan herbal. Namun dari bahan kimia yang berbahaya untuk kesehatan tubuh,“ ungkapnya seraya menyatakan tulisan didalam kemasan produk tidak sesuai dengan isi yang dijual pemiliknya.(yud)

 

Berita Terbaru