oleh

BPN Tangsel: Kerjasama dengan Bank Hindari Praktek Calo

Kabar6-Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN) se-Indonesia dipastikan bakal bekerjasama dengan industri jasa perbankan dalam upaya peningkatan pelayanan.

Kini regulasinya sedang digodok oleh pemerintah pusat di bawah komando Kementerian Agraria dan Tata Ruang.

“Pola pembayaran melalui bank memang sangat tepat untuk mengurangi calo,” kata Kepala Kementrian Agraria dan Tata Ruang BPN Cabang Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Alen Saputra ketika dihubungi wartawan, Minggu (29/3/2015).

Menurut Alen, pihaknya mendukung kebijakan pemerintah pusat yang akan menggandeng bank. Kini kerjasama ke arah sana telah dipersiapkannya dengan menggandeng Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Jawa Barat.

Selain menghindari praktek percaloan, terangnya, kerjasama dengan bank juga dalam rangka transparansi pelayanan. Kini, lembaga di BPN Cabang Kota Tangsel diklaimnya telah selangkah lebih maju ketimbang kantor pelayanan lainnya.

“Tinggal teknisnya saja, apakah akan membuka kantor bank disamping BPN atau seperti apa, kami lagi membahasnya. Kami pun membuka layanan pada Sabtu dan Minggu sejak pukul 09.00-13.00 WIB,” terangnya.

Namun untuk beralih ke sistem yang lebih modern dan canggih, tambah Alen, tentu membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) profesional. Saat ini pihaknya pun sedang mempersiapkan untuk peningkatan mutu pegawai lingkup internal. **Baca juga: Soal Situ Hilang, BPN Tangerang Klaim Tidak Keluarkan Sertifikat.

“Kami harus mempersiapkan SDM yang profesional. Sambil berjalan nanti akan ada peningkatan melalui diklat dan sebagainya,” tambah Alen.(yud)

Berita Terbaru