BPN Tangerang Ajak Masyarakat Sukseskan Proyek Sertifikasi PTSL

kabar6.com
Kantor BPN Kabupaten Tangerang.(ist)

Kabar6-Kepala Kantor Kementerian Agraria Tata Ruang (ATR) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Tangerang Himsar, mengajak seluruh elemen masyarakat, termasuk mahasiswa agar membantu menyukseskan program pemerintah ihwal proyek sertifikasi tanah atau Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) di daerah itu.

Himsar, secara khusus menanggapi adanya rencana aksi unjukrasa para mahasiswa yang tergabung dalam Forum Aliansi Mahsiswa (FAM) Tangerang, terkait isu dugaan Pungutan Liar (Pungli) PTSL yang telah beredar luas di publik.

Seharusnya, kata dia, para mahasiswa ini ikut serta membantu memberikan edukasi kepada masyarakat supaya mereka mengetahui akan hak dan kewajibannya.

“Jangan sedikit- sedikit mencari kesalahan orang. Mereka, harusnya bantu sukseskan program pemerintah, minimal ikut bantu mengetik dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tetang program PTSL ini,” ungkap Himsar, saat ditemui Kabar6.com diruang kerjanya, Selasa (17/4/2018).

Sekedar untuk diketahui, kata dia, program PTSL ini tidak sepenuhnya gratis, karena ada beberapa komponen yang dibebankan kepada masyarakat seperti membayar pajak atas tanah miliknya.

Komponen itu, masuk kedalam tahap persiapan. Sedangkan, untuk komponen penerbitan sertipikat biayanya ditanggung dari Daftar Isian Penggunaan Anggaran (Dipa) BPN.**BAca juga: Operasi Cipkon, Polsek Rajeg Sita 74 Botol Miras.

“Warga harusnya bersyukur dengan adanya program PTSL ini, karena kalau mereka bikin sertipikat tanah secara normal bisa mengeluarkan biaya cukup tinggi, bahkan bisa mencapai jutaan rupiah. PTSL ini sertipikat untuk rakyat, gitu kata Presiden. Jadi semua pihak harus ikut partisipasi,” katanya.(Vero/Tim K6)