oleh

BPJS Serang Tepis Rumor Penuruan Kelas RS Terkait Defisit Anggaran

Kabar6-Kepala BPJS Kesehatan Serang Sofyeni menepis isu jika defisit anggaran di tubuh BPJS terkait dengan rencana penurunan kelas tipe rumah sakit. “Rencana penurunan kelas tersebut murni dipengaruhi oleh keseriusan dari petugas saat melakukan pengimputan data,” kata Sofyeni, kepada kabar6.com, (15/8/2019).

Data yang telah diinput itulah, menurut Sofyeni yang menjadi dasar ditetapkannya kelas RS bersangkutan, sesuai sumber daya yang dimiliki masing-masing.

Sebelumnya, kata Sofyeni, Kemenkes RI juga telah menyediakan aplikasi agar bisa diisi oleh semua pihak RS untuk selanjutnya diketahui Kemenkes RI, sebelum nantinya tipe RS diubah.

**Baca juga: Berikut Siaran Pers BPJS Kesehatan Pusat Terkait Penghapusan Kesehatan Warga Miskin.

Sofyeni menegaskan rencana penurunan tipe RS, tidak ada sangkut pautnya dengan anggaran di BPJS Kesehatan.”Semuanya berdasarkan keputusan-keputusan dari Kementerian, bukan dari BPJS Kesehatan. BPJS tidak ada kewenangan untuk mereviu kelas RS.”

Wakil Direktur Pelayanan RS Banten, Sudrajat mengakui tidak tahu jika aplikasi yang disediakan Kemenkes RI dipergunakan sebagai acuan penetapan kelas RS Banten. “Waktu itu emang ada apkasi yang harus diisi oleh semua pihak rumah sakit. Tapi rumah sakit tidak diberitahu. Jadi diisinya seadanya, tidak diisi semua. Kalau sebelumnya ada pemberitahuan bisa lebih dilengkapi agar sesuai,” katanya.(Den)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru