oleh

BPBD Banten Tak Miliki Anggaran Penanganan Bencana Covid-19

Kabar6-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten tak miliki anggaran penanggulangan bencana covid-19 atau penanganan kebencanaan yang diakibatkan oleh faktor non alam.

Selain, sejak 2016 sampai 2019 kemarin, BPBD Banten tidak memiliki bantuan persediaan stok (Baperstok) sendiri. Kemudian baru pada tahun 2019 kemarin, muncul peraturan dari Permendagri yang mensyaratkan agar BPBD kedepan nantinya bisa mulai menganggarakan untuk keperluanĀ  baperstok, dengan harapkan agar BPBD Banten memiliki baperstok sendiri, apabila bencana datang melanda.

“Di BPBD memang belum tersedia untuk menunjang khususnya kasus bencana non alam ini (covid-19),” terang Kepala BPBD Provinsi Banten, Nana Suryana pada rapat koordinasi bersama Komisi V DPRD Banten, Rabu (18/3/2020).

Meski begitu, dalam mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa terjadi akibat penularan virus corona di Banten, lanjut Nana, pihaknya akan mengusahakannya kepada pusat, agar bantuan kepada Provinsi Banten bisa kucur.

**Baca juga: Panic Buying Corona, Harga Sembako di Pasar Tradisional Serang Stabil.

Salah satunya mengenai pengadaan masker kepada masyarajat, agar bisa didistribusikan.

Ditanya lebih jauh mengenai ketersediaan asker di BPBD Banten saat ini, kata dia, masih ada 15 ribu lembar lagi yang bisa digunakan agar bisa didistribusikan kepada masyarakat, sesuai dengan permohonan dari Kabupaten/kota.(Den)

Berita Terbaru