oleh

Bolehkah Langsung Sikat Gigi Begitu Selesai Makan atau Minum?

Kabar6-Menggosok atau menyikat gigi secara teratur dan benar penting dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi. Dan biasanya, banyak orang yang langsung menggosok gigi begitu selesai makan atau minum.

Padahal diketahui, kebiasaan tersebut tidak disarankan. Mengapa demikian? Melansir Kompas, menggosok gigi setelah makan boleh saja dilakukan, asalkan begitu usai makan jangan langsung sikat gigi, tapi tunggu setengah jam sampai satu jam terlebih dahulu. Menurut ahli, menyikat gigi segera setelah makan atau mengonsumsi minuman asam, justru dapat merusak gigi.

Pasalnya, asam pada makanan dan minuman akan mengikis enamel beserta lapisan di bawahnya yang disebut dentin. Dengan langsung menyikat gigi setelah makan atau minum, Anda berarti mempercepat proses kerusakan gigi.

“Dengan menyikat gigi, Anda sebenarnya lebih mendorong asam ke dalam enamel dan dentin,” kata Dr. Howard R. Gamble, presiden dari Academy of General Dentistry.

Dalam sebuah penelitian, sekelompok relawan diteliti untuk diperiksa mengenai dampak menggosok gigi setelah minum soda diet selama tiga minggu. Hasilnya, para ilmuwan menemukan peningkatan hilangnya dentin seseorang ketika menyikat gigi dalam 20 menit setelah minum soda.

Ini berbeda ketika menyikat gigi dalam 30 atau 60 menit sesudah makan untuk sikat gigi, tidak akan menyebabkan peningkatan hilangnya dentin. Karena itulah para pakar menyarankan kita untuk menunggu sekira 30 menit bila hendak menggosok gigi setelah mengonsumsi makanan atau minuman bersifat asam.

“Disimpulkan bahwa untuk melindungi permukaan dentin, setidaknya 30 menit harus berlalu sebelum menyikat gigi setelah serangan erosif,” demikian tulis para peneliti. ** Baca juga: Kurang Konsumsi Sayuran, Ini Tandanya

Sementara itu, untuk menghilangkan asam, Dr. Gamble menyarankan membilas mulut dengan air atau menggunakan campuran penetral asam seperti kumur dengan air atau baking soda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru