oleh

BNN Musnahkan 161 Kg Sabu di Bandara Soetta

Kabar6-Sebanyak 161 Kilogram barang bukti narkotika jenis sabu, yang merupakan hasil sitaan Badan Narkotika Nasional (BNN) sepanjang tahun 2014, dimusnahkan.

Pemusnahan tersebut, dilakukan dengan cara pembakaran, pada tungku insinerator di Garbage Plan Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang, Senin (15/12/2014).

Kepala BNN Irjen Pol Anang Iskandar mengatakan, dari tiga kasus tersebut, salah satu diantaranya merupakan tangkapan terbesar selama 10 tahun terakhir. Adapaun, dari barang bukti tersebut, pihaknya juga telah mengamankan tiga tersangka Warga Negara (WN) Tiongkok, yakni XJ (43), CW (44) serta LL (32).

“Ya, pereka (para tersangka) ditangkap di bilangan Pluit, Jakarta Utara pada 22 Nobember 2014. Mereka kedapatan¬† menyelundupkan sabu itu, dari Tiongkok ke Indonesai melalui jalur laut,” ungkapnya, kepada wartawan.

Anang juga menjelaskan, modus yang digunakan para pelaku adalah, dengan menyembunyikan barang bukti di dalam manisan herus serta mainan anak-anak.

“Ada juga kasus lain, kemarin pada 13 November 2014 lalu, kami juga berhasil menggagalkan penyelundupan sabu seberat 5,3 kilogram. Tersangkanya adalah, AA (23) dan ND alias EL (40),” tukasnya.

Awalnya, beber Anang, tersangka AA ditangkap karena kedapatan membawa barang bukti tersebut yang disembunyikan dalam lima knalpot mobil di Pos Keamanan Komplek Perhubungan Udara, Rawa Sari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

“Berdasarkan pengakuan AA, sabu tersebut akan diserahkan kepada ND di Apartemen Gading Nias, Jakarta Utara. Dari informasi itu petugas langsung ke lokasi yang dituju hingga berhasil membekuk ND di lobby apartemen,” jelas dia. **Baca juga: Oman Air Resmi Operasi di Bandara Soetta.

Sementara kasus ketiga, BNN mengamankan seorang perempuan berinisial LFN alias AF dan laki-laki berinisial LLI alias AS di Sanggau, Kalimantan Barat, pada 24 November 2014. Dari tangan keduanya, disita barang bukti berupa 5,01 Kg sabu yang disembunyikan dalam di dalam ban serep mobil Innova.

“Perugas kemudian melakukan kontrol delivery dan berhasil mengamankan laki-laki berinisial SA, 44, sesaat setelah mereka melakukan serah terima barang,” pungkasnya.(ges)

Berita Terbaru