oleh

BMKG: Waspada Potensi Banjir Rob di Tangerang Utara Sampai Sabtu

Kabar6-Air laut pasang atau banjir rob merendam sebagian pemukimam warga di Desa Muara, Kecamatan Teluknaga dan Kelurahan Dadap, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Kamis (4/6/2020) dini hari.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah II Tangerang memprakirakan, fenomena banjir rob di Pesisir Kabupaten Tangerang tersebut akan terjadi hingga Sabtu (6/5/2020), akibat gelombang tinggi.

Pantauan wartawan, sejak Rabu (3/6/2020) sekira pukul 20.00 WIB, pemukiman warga di Desa Muara, Kecamatan Teluknaga mulai direndam banjir rob.

Dadan, warga Desa Muara, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang mengatakan, banjir rob merupakan fenomena tahunan yang rutin terjadi. Namun untuk banjir rob yang terjadi kali ini lebih besar dibanding sebelumnya

“Sekarang termasuk besar, sebab sebelumnya air tidak pernah masuk kedalam rumah,” singkat Dadan, Kamis (4/6/2020).

Terpisah, Kepala Sub Bidang (Kasubag) Pelayanan dan Jasa Balai Besar pada BMKG wilayah II Tanggerang, Darman Mardanis menjelaskan, banjir rob yang terjadi di pesisir Kabupaten Tangerang. Fenomena alam disebabkan oleh kondisi pasang air laut yang cukup tinggi di perairan Utara Jawa.

“Fenomena tersebut disebabkan oleh kondisi air laut yang cukup tinggi akibat fase bulan purnama. Selain dari faktor astronomis tersebut,” kata Darman.

**Baca juga: Oknum Ketua RT Pangkas 300 Ribu BLT Covid-19 Warga Di Legok.

Gelombang tinggi di laut jawa ini, lanjut Darmais, diperkirakan akan berlangsung hingga 6 Juni 2020 besok. Kecenderungan menurun sehingga dengan penurunan kecepatan tinggi.

“Masyarakat terutama yang bermata pencarian dan beraktivitas di pesisir atau pelabuhan, diharapkan meningkatkan kewaspadaan,” pesannya. (Vee)

Berita Terbaru