oleh

BKP Kementan Jual Bawang Putih Murah di Pasar Rangkasbitung

Kabar6-Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) melaksanakan operasi pasar (OP) dalam mengatasi harga bawang putih yang mengalami kenaikan, Rabu (19/7/2020).

Kabid Distribusi dan Pemanfaatan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lebak Dani Hendarman, mengatakan, ada 5 kwintal bawang putih yang dijual kepada masyarakat.

“Ini menyikapi fluktuasi harga bawang putih ditambah kemarin laporan dari Dinas Perdagangan tentang harga bawang putih yang masih cukup tinggi,” kata Dani.

Untuk satu kilogram bawang putih dijual Rp32.000, sementara harga yang ditawarkan pedagang masih menyentuh Rp50.000. Dalam kondisi normal, harga komoditi tersebut di Pasar Rangkasbitung berkisar Rp37.000.

“Ini juga dilakukan di beberapa daerah lain di Banten di antaranya Cilegon dan Serang. Nanti kami lihat lagi harga di pasar, kalau masih tinggi kami konsultasikan lagi ke pusat, jadi kemungkinan tidak hanya berhenti di sini,” papar Dani.

Operasi pasar BKP Kementan langsung diserbu masyarakat. Salah satunya, Ece salah seorang pedagang Subuh yang membeli sebanyak 5 kilogram bawang putih.**Baca juga: Mobil Ketua DPRD Lebak Kecelakaan Beruntun, Sekwan: Sopir Mau Jemput.

“Untuk dijual lagi. Sejak bawang putih naik, saya enggak jual karena harganya tinggi banget. Harapannya harganya bisa normal lagi,” imbuhnya.(Nda)

Berita Terbaru