Bisakah Turunkan Berat Badan Tanpa Kurangi Makan?

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Salah satu cara yang sering dilakukan orang untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi porsi makan. Sayangnya, cara ini terkadang justru membuat kita semakin lapar.

Bagaimana solusinya? Bisakah kita menurunkan berat badan tanpa mengurangi porsi makan? Dikutip dari beberapa sumber, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan apabila Anda termasuk orang yang tidak bisa mengurangi porsi makan. Berikut uraiannya:

1. Perbanyak asupan serat & protein
Makanan berserat membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna oleh tubuh. Selama proses tersebut, tubuh Anda akan terus merasa kenyang sehingga godaan untuk konsumsi makanan lain jadi berkurang.

Makanan berserat juga membantu pencernaan serta konstipasi jadi lancar. Hal yang sama juga diberikan oleh makanan kaya protein. Selain itu, protein dibutuhkan tubuh tidak hanya untuk membakar kalori dan diubah jadi energi, tapi juga membantu metabolisme dan menjaga fungsi optimal organ.

2. Jaga agar tubuh terhidrasi maksimal
Rutin minum air putih 2-3 liter dalam sehari punya banyak manfaat, salah satunya untuk membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena konsumsi air putih membantu pencernaan menjadi lancar dan membuat Anda jadi lebih kenyang.

Rasa lapar yang dirasakan seringkali karena kekurangan cairan, bukan karena makan. Jadi, isi dulu tubuh dengan air supaya kebutuhan air terpenuhi baru nanti Anda konsumsi makanan di jam makan utama.

3. Ubah camilan dengan makanan sehat
Apabila Anda biasa mengemil gorengan atau makanan tinggi kalori lainnya, sebaiknya segera dengan camilan yang lebih sehat, misalnya potongan apel, mangga, pir, atau jambu. Pilih buah yang juga mengandung banyak air sehingga bisa semakin mengenyangkan.

4. Perbanyak jam tidur
Harvard dan National Sleep Foundation mengungkapkan kalau kurang tidur dapat meningkatkan body mass index dan membuat berat badan jadi naik. Jangan lagi begadang, dan apabila memungkinkan tidurlah sebelum pukul 22.00 untuk memperlancar pergantian sel tubuh, dan pastikan Anda tidur minimal 6-7 jam di malam hari.

5. Mulai rutin bergerak & olahraga
Kunci sukses menurunkan berat badan adalah banyak bergerak dan olahraga. Sudah ada banyak bukti kesuksesan orang yang berhasil dapatkan tubuh idaman dengan rutin olahraga.

Selama beraktivitas sehari-hari saja Anda sudah bisa membakar 1000-2000 kalori setiap harinya. Bayangkan jika ditambah dengan olahraga yang rutin, pasti semakin banyak kalori yang hilang dari tubuh. ** Baca juga: Penelitian: Usai Olahraga Berat Sebaiknya Konsumsi Susu Cokelat

Selamat mencoba.(ilj/bbs)