oleh

Bina Marga Kabupaten Tangerang Fokus Pembangunan Infrastruktur

Kabar6-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Dinas Bina Marga dan Pengairan setempat, tahun ini memfokuskan pembangunan dan peningkatan infrastruktur diwilayahnya.

Keseriusan itu terlihat dengan digelontorkannya dana hingga Rp222 miliar lebih melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tangerang tahun 2015.

Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Tangerang, H Slamet Budhi Mulyanto menjelaskan, dana sebesar itu digelontorkan melalui 493 paket proyek pembangunan infrastruktur jalan yang akan dilelang pada bulan ini.

“Sesuai aturan, proses lelang akan dilakukan oleh Unit Layanan Pengadaaan (ULP) melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Bulan ini dimulai,” ujar Mantan Kasat Pol PP Kabupaten Tangerang itu, Kamis (16/4/2015).

Budhi berharap, proses tender bisa berjalan lancar, agar pembangunan bisa dimulai dan rampung pada tahun ini juga. “Kita berharap pembangunan bisa segera berjalan dan lancar hingga rampung, agar bisa segera dimanfaatkan demi kenyamanan seluruh warga di Kabupaten Tangerang,” harapnya.

Kepala Bidang Perencanaan dan Pembangunan pada Dinas Bina Marga dan Pengairan, Iwan Firmansyah didampingi Kepala Seksi Jalan dan Jembatan, Lukma Ariyanto mengungkap, total 493 item paket proyek tersebut didominasi oleh proyek pembangunan dan perbaikan jalan.

“Pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan mendominasi hingga sebanyak 275 paket proyek, dengan menelan anggaran hingga Rp163.5 miliar,” jelas Iwan.

Selain itu, juga ada pembangunan dan perbaikan 17 jembatan, proyek pedestarian (trotoar) untuk pejalan kaki serta pembangunan dan perbaikan irigasi tekhnis yang mencapai 100 titik. “Dari total paket proyek tersebut, tiga diantaranya merupakan lanjutan proyek multiyears,” ujar Iwan lagi.

Ketiga proyek multiyears tersebut adalah, lanjutan proyek Peningkatan Jalan Pangkalan Teluknaga-Tanjung Pasir sepanjang 4,6 kilometer senilai Rp10 miliar. “Proyek jalan ini sebelumnya sudah dikerjakan, namun baru sepanjang 2,5 kilometer. Dan, tahun ini kita upayakan penyelesaiannya,” ujar Iwan.

Kemudian, lanjutan proyek pembangunan Jalan Jatigintung-Cituis Sukadiri sepanjang 7,7 kilometer senilai Rp9,5 miliar. “Untuk proyek Jalan Jatigintung, kami masih harus melakukan pelebaran jalan hingga sepanjang 600 meter,” terangnya.

Dan, terakhir adalah lanjutan proyek Pelebaran Jalan Kedaton, Pasar Kemis, sepanjang empat kilometer dengan biaya sebesar Rp5 miliar. “Di proyek ini kita juga melakukan lanjutan pelebaran jalan hingga satu  kilometer,” ujarnya.

IWan berharap, pengerjaan proyek-proyek tersebut bisa berjalan sesuai rencana, dan rampung pada tahun ini. “Ini sangat tergantung pada kemampuan kontraktor yang menangani proyek,” ujar Iwan yang langsung diamini oleh Lukma Ariyanto.(ADV)

Berita Terbaru