oleh

BIN Kembali Gelar Vaksinasi di MAN 1 Kota Tangerang

Kabar6-Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Banten, gencar menggelar vaksinasi di Kota Tangerang. Kali ini mereka menyasar vaksinasi siswa MAN 1 Kota Tangerang yang berlokasi di Lamda Raya No.1, RT 004/RW 005, Karawaci Baru, Kecamatan Karawaci, Jumat (20/8/2021).

Dalam vaksinasi tahap pertama ini, target peserta sebanyak 1.000 orang tervaksin. BIN menggandeng tim dari Dinas Kesehatan, Puskesmas dan Biddokes Polri untuk menyukseskan program tersebut.

Kepala Bagian Operasisonal (Kabag Ops) BIN Daerah Banten, Kombes Pol Robert Silindur Pangaribuan menyebutkan alasan mengapa telik sandi negara ini sampai harus turun tangan dalam urusan vaksinasi Covid-19.

“BIN diperintahkan oleh bapak Presiden untuk mengakselerasi vaksinasi di Indonesia. Apa tujuannya mengakselerasi? yaitu mempercepat kegiatan vaksinasi di Indonesia. Jadi, bekerja dengan pemerintah daerah dan TNI/Polri yang ada wilayahnya masing-masing untuk bersama- sama percepatan vaksinasi,” ujar Robert.

Dalam vaksinasi tersebut, dipantau oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni didampingi Kepala Puskesmas Karawaci Baru dr Arnita Asiah Harahap.

BIN, kata Robert, kedepannya pihaknya akan masuk ke wilayah yang sulit dicapai. “BIN itu hadir karena melihat pandemi ini sebagai ancaman. Yakni ancaman bangsa, serta bagi masyarakat. Apabila tidak ditangani dengan baik, maka menjadi ancaman nasional. Maka itulah situasi strategi di mana BIN harus hadir,” katanya.

Sementara, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Dini Anggraeni menyampaikan, rasa terima kasihnya kepada BIN Daerah Banten yang sudah membantu percepatan vaksinasi di Kota Tangerang.

“Terima kasih kepada pihak BIN yang sudah melaksanakan vaksinasi di Kota Tangerang dan pihak sekolah yang sudah mengundang para siswanya untuk divaksin,” ujar Dini.

Dini mengatakan, di Kota Tangerang total masyarakat yang sudah tervaksin mencapai 1 juta, di mana untuk dosis 1 mencapai 700 ribu-an. “Untuk mencapai target 1,4 berarti masih ada setengahnya,” ungkapnya.

Ketika disinggung kapan target tercapainya herd immunity, Dini menyampaikan hal itu tergantung dari stok vaksin. “Targetnya memang akhir Agustus, tapi itu tergantung stok vaksin, kalau pusat cepet ngirim kita langsung,” tambahnya.

Kepala MAN 1 Kota Tangerang Purqoni menjelaskan, diselenggarakannya vaksinasi Covid-19 di sekolahnya dalam rangka mengantisipasi di mulainya kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka.

**Baca juga: Selama PPKM, Kasus Covid-19 di Kota Tangerang Turun Drastis

“Jumlah siswa yang divaksin kurang lebih 530 orang siswa-siswa yang seyogyanya 900 siswa, tapi ternyata mereka sebagian ada yang sudah vaksin terlebih dahulu. Makanya sisanya sekitar 300 orang itu akhirnya diisi oleh masyarakat, sisanya para tetangga kita,” jelasnya. (Oke)

Berita Terbaru