oleh

Bilang Bom, Penumpang Lion Air Banjarmasin-Jakarta Diturunkan dari Pesawat

Kabar6-Maskapai penerbangan Lion Air menurunkan seorang penumpang pesawat tujuan Banjarmasin-Jakarta karena mengucapkan kata bom ketika pesawat itu bersiap untuk lepas landas.

Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan penumpang berinisial D itu tidak diikutkan dalam penerbangan JT-323 (offload).”Dan Lion Air telah menyerahkan kepada pihak keamanan otoritas setempat untuk proses lebih lanjut,” ujar Danang, Minggu (29/9/2019).

Danang mengatakan D menyebutkan kalimat membawa bom dalam barang bawaannya ketika pesawat bernomor JT-323 dari Banjarmasin melalui Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor, Banjarbaru, Kalimantan Selatan (BDJ) tujuan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta bersiap untuk terbang pada Sabtu (28/9/2019). “Ketika proses penumpang memasuki kabin (boarding), salah satu penumpang laki-laki berinisial D yang memiliki nomor kursi 19A mengatakan ada bom dalam barang bawaan.”

Padahal, kata Danang, saat itu penerbangan JT-323 sudah dipersiapkan dengan baik, akan dioperasikan menggunakan Boeing 737-900ER. Pesawat dijadwalkan tepat waktu berangkat pukul 09:10 WITA.

Mendengar ucapan penumpang itu, awak kabin yang bertugas berkoordinasi bersama pilot, petugas keamanan (aviation security), pengelola bandar udara setempat dan pihak terkait menjalankan standar operasional dan penanganan terhadap ancaman bom.

**Baca juga: MPRI Desak Presiden Terbitkan Perppu KPK & Tolak RUU KUHP.

“Dalam memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan, seluruh penumpang dan barang bawaan diturunkan kembali guna dilakukan pengecekan ulang,” kata Danang.

Setelah dilakukan pemeriksaan, kata Danang, tidak ditemukan barang bukti berupa bom atau benda lain yang berpotensi mengganggu keselamatan penerbangan. “Pesawat dinyatakan laik terbang (airworthy for flight).”

Dampak yang timbul dari candaan tersebut, Lion Air penerbangan JT-323 mengalami keterlambatan 45 menit.Lion Air berangkat pada 09:55 WITA dengan pesawat yang sama. Penerbangan JT-323 telah mendarat di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang pukul 10:25 WIB.(GFM)

Berita Terbaru