oleh

Bikin Takjub, Para ilmuwan Temukan Emas dalam Urine Sapi Gir

Urine sapi Gir yang mengandung emas.(thebreachist)
Urine sapi Gir yang mengandung emas.(thebreachist)

Kabar6-Emas adalah logam mulia berwarna kuning yang dapat ditempa dan dibentuk, biasa dibuat perhiasan seperti cincin, kalung atau gelang. Merupakan unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Au (bahasa Latin: ‘aurum’) dan nomor atom 79.

Jika biasanya orang mendulang logam mulia ini di pertambangan emas, namun para ilmuwan dari Universitas Pertanian Junagadh (JAU), India, menemukan emas dalam urine sapi Gir. Dikutip dari money.id, urine itu didapatkan dari 400 sampel urine sapi Gir saat diteliti di Laboratorium Uji JAU.

“Kami telah mendengar keberadaan emas di urine sapi dalam kita-kitab kuno. Lantaran tidak ada analisis ilmiah rinci, maka kami memutuskan meneliti urine sapi dan menemukan jejak emas di dalamnya,” kata dr BA Golakia, ketua penelitian sekaligus Kepala Departemen Bioteknologi JAU, seperti dikutip laman Times of India.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa logam mulia itu hadir dalam bentuk ion. Disebutkan Golakia, emas dari urine tersebut dapat diekstraksi dan dipadatkan menggunakan proses kimia.

“Kami menemukan 10 miligram hingga 30 miligram emas per liter urine sapi,” katanya. ** Baca juga: Heboh, Lalitamma Lahirkan Bayi dengan 4 Kaki & 2 Alat Kelamin

Dari 5.100, sebanyak 388 senyawa yang ditemukan dalam air seni sapi Gir diprediksi dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

“Saat ini kami sedang melakukan percobaan yang memanfaatkan urine sapi Gir pada patogen manusia dan tanaman. Percobaan yang sedang dilakukan untuk menggunakannya (urine sapi Gir) sebagai treatment penyakit pada manusia dan perlindungan tanaman,” ungkap Golakia.

Tidak hanya sapi, para peneliti asal India itu pun menyaring sampel urine unta, kerbau, dan domba. Hasilnya mereka hanya menemukan unsur anti-biotik.(ilj/bbs)

Berita Terbaru