oleh

Bikin Resah, Ikan Gabus Berkepala Ular Tertangkap di AS Merayap Seperti Reptil

image_pdfimage_print

Kabar6-Spesies invasif, berupa ikan gabus berkepala ular atau northern snakehead (Channa argus), meresahkan warga di Amerika Serikat (AS). Hewan ini memiliki tampilan yang menyerupai ular dan kemampuan untuk bernapas di darat.

Invasif adalah spesies pendatang di suatu wilayah yang hidup dan berkembang biak di wilayah tersebut dan menjadi ancaman bagi biodiversitas, sosial ekonomi, maupun kesehatan pada tingkat ekosistem, individu, maupun genetik.

Menurut Departemen Konservasi Missouri (MDC), melansir cbsnews, bulan lalu northern snakehead ini tertangkap di Missouri oleh seorang pemancing, di bawah Wappapello Lake Spillway, Wayne County, dan sudah keempat kalinya ikan gabus kepala ular tercatat di negara bagian tersebut. Ikan gabus kepala ular (Channa argus) memiliki tubuh panjang dan kepala seperti ular yang ditutupi sisik bermotif ular piton.

Mereka bisa tumbuh hingga sepanjang satu meter, dan merupakan predator menakutkan, karena ikan ini memakan ikan lain, serta krustasea, katak, reptil kecil, dan kadang-kadang burung kecil dan mamalia lainnya.

Tidak seperti kebanyakan ikan yang hidup sepenuhnya di air, ikan gabus kepala ular dapat menghirup udara, yang berguna di air yang kekurangan oksigen. Mereka juga bisa bertahan hidup di darat selama beberapa hari asalkan tetap lembap, dan bahkan bisa merayap seperti ular untuk kembali ke air.

Spesies ini bukan asli AS, karena sebenarnya justru berasal dari Asia. Merupakan ancaman bagi spesies asli, yang dimangsa dan diperebutkan sumber dayanya.

MDC merekomendasikan untuk membunuh northern snakehead ‘dengan memotong kepala, mengeluarkan isi perutnya, atau memasukkannya ke kantong plastik tertutup’.

Pejabat percaya bahwa ikan invasif ini mungkin pertama kali memasuki sungai AS setelah kecelakaan di peternakan ikan komersial di Arkansas pada 2008, dan sejak itu mereka berenang (dan merayap) ke utara melalui perairan DAS Sungai St.Francis, Mississippi.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email