oleh

Bikin Penasaran, Ini Alasan Mengapa Alien Belum Juga Berkontak dengan Manusia

Kabar6-Banyak kalangan yang masih bertanya-tanya, mengapa manusia belum juga bertemu dengan alien. Nah, jawaban dari pertanyaan itu bervariasi, dari mulai yang paling ekstrem hingga paling mengerikan.

Sebuah teori baru, melansir iflscience, mencoba menjelaskan mengapa alien di planet lain tidak bisa menjelajah alam semesta atau di tata surya mereka sendiri, mereka mungkin terjebak di planet mereka sendiri, tidak bisa keluar dari atmosfernya. Untuk pergi dari planet kita sendiri, Bumi, kita harus mampu bergerak dengan kecepatan 11 kilometer per detik atau 40,2 kilometer per jam.

Itulah kecepatan yang kita butuhkan. Dengan begitu, maka kita butuh banyak sekali bahan bakar untuk meninggalkan planet kita, belum lagi jika kita membawa barang bawaan. Seperti halnya peluncuran roket, ada begitu banyak bahan bakar yang dibutuhkan untuk meluncurkan roket ke luar angkasa.

Teori baru ini menyatakan, kemungkinan alien harus menghadapi gravitasi yang sangat kuat dibanding kita, sehingga mereka tidak bisa meninggalkan planetnya sama sekali. Mereka harus punya kekuatan yang maha besar untuk bisa meluncur keluar dari planet mereka.

Penelitian yang dilakukan oleh Michael Hippke, peneliti dari Sonneberg Observatory, mengatakan bahwa peluncuran roket menjadi makin mahal dalam hal bahan bakar seiring gaya gravitasi yang meningkat. ** Baca juga: Tim Ilmuwan Tel Aviv Ciptakan Robot dengan Kemampuan Mengendus 10 Ribu Kali

Jika kita melihat planet Bumi super yang 10 kali lebih besar massanya dari Bumi, maka roket berbahan bakar kimiawi tidak bisa lagi membawa alien terbang ke luar angkasa karena dibutuhkan bahan bakar setara massa piramida terbesar di Mesir.

“Makin besar planet yang berbatu,” terang Hippke. “Dibutuhkan cara lain untuk meninggalkan planet, misalnya tenaga nuklir. Makin besar massa suatu planet, maka penerbangan luar angkasa akan makin mahal. Peradaban semacam itu tidak akan punya TV satelit, misi ke Bulan atau teleskop Hubble.”

Tanpa kemampuan itu dan tanpa komunikasi satelit atau teleskop luar angkasa untuk mendeteksi planet lain, kemungkinannya kecil bagi alien untuk mereka mampu mencapai kemampuan berkontak dengan dunia lain.

Bisa jadi, mereka terjebak di luar sana, di planet mereka sendiri tanpa seorang pun bisa tahu.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email