oleh

Bijaksana Mengonsumsi Suplemen Vitamin & Mineral

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Vitamin dan mineral membuat tubuh manusia bekerja dengan baik. Kedua zat ini mendukung daya tahan tubuh dalam melawan penyakit serta membantu pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh.

Banyak orang memilih untuk mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral. Padahal, bila makanan sehari-hari sehat dan bervariasi, Anda tidak harus mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral setiap hari.

Nah, kapan kita butuh suplemen vitamin dan mineral? Berikut uraiannya, dikutip dari majalahkesehatan.com:

1. Selama atau setelah sakit

Jika Anda sakit atau baru sembuh dari sakit, vitamin tambahan dapat mempercepat kepulihan Anda. Vitamin yang berasal dari buah-buahan dan sayuran tetaplah yang terbaik, tapi terkadang dokter merekomendasikan suplemen vitamin sebagai tambahan.

Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, biasanya dokter akan merekomendasikan suplemen tambahan. Sebagai contoh, Anda mungkin akan diberi resep suplemen zat besi untuk mengobati anemia defisiensi zat besi.

2. Kehamilan dan menyusui

Bagi wanita yang ingin hamil sampai 12 minggu kehamilan, disarankan untuk mengambil suplemen asam folat. Kekurangan asam folat dapat meningkatkan risiko cacat tabung saraf seperti spina bifida pada janin. Asam folat tersedia secara bebas di apotek dan toko obat. Sedangan selama menyusui, disarankan untuk mengambil suplemen vitamin lainnya, terutama vitamin D.

3. Lanjut usia

Para lanjut usia (lansia) bisa mendapatkan keuntungan dari suplemen vitamin D untuk memerangi osteoporosis. Jumlah kebutuhannya bervariasi pada setiap orang. Tanyakan ke dokter dan apoteker Anda untuk mendapatkan rekomendasi yang terbaik untuk Anda.

4. Selain kelompok di atas, para atlet, perokok, mereka yang sedang menjalani diet, dan anak-anak berusia enam bulan sampai lima tahun yang tidak makan makanan yang bervariasi, juga mungkin memerlukan suplemen. ** Baca juga: Sering Gosok Gigi Tidak Dianjurkan?

Jadi, mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral tidak boleh sembarangan ya.(ilj/bbs)