oleh

Bijaksana Memilih Pembalut

Kabar6-Perempuan dan pembalut adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Maklum saja, setiap bulan perempuan pasti kedatangan “tamu” alias menstruasi.

 

Di pasaran, terdapat aneka merek pembalut dengan berbagai model. Namun Anda pun harus berhati-hati memilih pembalut, karena tidak sedikit pembalut yang mengandung beberapa bahan kimia berbahaya.

 

Apa sajakah bahan-bahan kimia itu?

 

1. Dioxin

Biasanya digunakan sebagai pemutih dalam pembuatan kertas, tampon, panty liners, popok, dan pembalut. Memiliki efek yang bersifat akumulatif, artinya baru akan terlihat setelah pemakaian dalam jangka waktu lama. Dioxin merupakan bahan kimia berbahaya, karena mencemari lingkungan dan bersifat sebagai zat karsinogen.

 

2. Furan

Semacam pemutih seperti dioxin. Sebuah penelitian yang dilakukan di Korea menyebutkan bahwa nyaris pembalut dan tampon di dunia mengandung Furan.

 

3. BPA dan BPS

Bahan kimia yang terkandung dalam plastik, dapat merusak organ intim serta mengganggu perkembangan embrio. Selain itu juga meningkatkan pertumbuhan bakteri di daerah Miss V.

 

Produk yang aman akan habis terbakar dan tidak menimbulkan asap hitam ketika dibakar. Namun pembalut ternyata menimbulkan asap hitam ketika dibakar. Kemungkinan besar terdapat banyak bahan kimia berbahaya seperti serat sintesis, petrokimia, dan dixoin

 

Berdasarkan catatan Savvy yang dikutip dari Huffingtonpost, terdapat beberapa risiko kesehatan yang akan ditimbulkan dari bahan kimia, antara lain:

 

1. Pertumbuhan jaringan abnormal pada organ perut dan reproduksi.

2. Pertumbuhan sel abnormal di seluruh tubuh.

3. Penurunan sistem kekebalan tubuh. ** Baca juga: Ada Gula Berlebih Dalam Makanan Sehat Ini

4. Gangguan hormon dalam tubuh.

5. Kanker serviks (kanker leher rahim).

6. Endometriosis, kelainan yang menyerang sistem reproduksi wanita. Penyakit ini muncul ketika jaringan dari lapisan dalam dinding rahim atau endometrium tumbuh di luar rongga rahim.

7. Kanker ovarium.

 

Mulai sekarang, pilihlah pembalut yang jauh dari bahan-bahan kimia seperti tidak menggunakan pewangi atau tidak menggunakan pemutih. (ilj)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru