oleh

Biaya Pemilu 2024 di Banten Capai Setengah Triliun Lebih

Kabar6-Dana Rp 573 miliar dibutuhkan KPU Banten untuk suksesi Pemilu 2024. Dana setengah triliun lebih itu digunakan untuk berbagai keperluan, seperti pembiayaan TPS hingga KPPS saat pemungutan suara.

“Ada 24 ribu TPS di Banten pada pemilu 2024. Masing-masing ada 9 anggota KPPS,” kata Ketua KPU Banten, Wahyul Furqon, Rabu (06/07/2022).

Sedangkan terkait keamanan, Pj Gubernur Banten, Al Muktabar menerangkan menjadi tanggung jawab bersama antar Forkopimda yang berisikan Polri, TNI, Kejaksaan hingga DPRD.

“Pemprov Banten harus siap untuk memfasilitasi Pemilu 2024. Pada prinsipnya kita akan mengupayakan apa-apa yang terbaik untuk terselenggaranya Pemilu 2024,” kata Pj Gubernur Banten, Al Muktabar.

Terkait pembiayaan, Pemprov Banten akan membantu sebisa mungkin untuk pembiayaan Pemilu 2024 sesuai kemampuan keuangan pemerintah dan peraturan yang berlaku. Penjabat (Pj) Gubernur, Al Muktabar akan membahasnya terlebih dahulu secara internal.

**Baca juga: Gelar Tes Urine di Rutan Serang, Ini Hasilnya

Pemprov Banten juga akan melihat kemampuan pembiayaan pemilu pada tingkat daerah, jika memungkinkan, akan pembiayaan akan dilakukan secara gotong royong. Nantinya bantuan keuangan itu akan di atur melalui peraturan daerah (Perda) Pemprov Banten.

“Provinsi Banten termasuk wilayah yang memiliki kemampuan fiskal yang memadai. Kita juga mengikuti perkembangan kabupaten kota untuk pembebanan bersama,” terangnya.(Dhi)