oleh

‘Bertarung’ Selama 25 Menit, Pemancing Asal Inggris Berhasil Tangkap Ikan Mas Raksasa Sekira 30 Kg di Prancis

Kabar6-Seorang pemancing asal Inggris bernama Andy Hackett akhirnya berhasil menangkap ikan mas raksasa seberat sekira 30 kg lebih, di Bluewater Lakes, Provinsi Champagne, timur laut Prancis, setelah melalui ‘pertarungan’ selama 25 menit.

Ikan mas raksasa yang dijuluki ‘The Carrot’ ini, melansir Allthatsinteresting, lantas dilepas kembali ke danau agar pemancing lain memiliki kesempatan untuk menangkapnya. “Ini ikan yang banyak dicari, tidak banyak orang yang menangkapnya, cukup sulit ditangkap. The Carrot berwarna jingga cerah, Anda tidak akan melewatkannya,” kata Hackett.

Diketahui, ikan mas ini merupakan hibrida antara ikan mas kulit dan koi, dilepaskan ke danau 20 tahun yang lalu, setelah itu ukurannya membengkak. The Carrot menjadi salah satu yang terbesar dari jenisnya yang pernah ditangkap. Apabila dipelihara dalam akuarium rumahan, ikan mas (Carassius auratus) dan ikan mas yang lebih kecil cenderung tumbuh tidak lebih dari lima sentimeter. Namun saat dilepaskan ke alam liar, ikan yang sangat kecil itu bisa tumbuh menjadi raksasa.

Ikan mas akan kuat di alam liar, terbukti mampu hidup 25 tahun dan bertahan hingga lima bulan tanpa oksigen. Ini karena ikan berevolusi untuk hidup di kolam yang membeku di musim dingin, yang rendah oksigen, tubuh mereka beralih dari respirasi aerobik menjadi mengubah karbohidrat menjadi alkohol, yang dilepaskan melalui insang.

Ketika ciri-ciri ini digabungkan dengan tingkat reproduksi yang cepat, ikan mas dengan cepat dapat mendominasi habitat baru dengan mengorbankan spesies asli. ‘Kegigihan’ ikan mas telah menimbulkan masalah di danau, di mana banyak ikan, yang sering dibuang oleh orang yang pernah memeliharanya, dilepaskan sekaligus.

Menurut laporan Washington Post, pengelola saluran air di dekat Carver County, Minnesota, memindahkan sekira 50 ribu ikan mas dari perairan setempat pada November 2020 lalu. ** Baca juga: Yangsi, ‘Desa Kurcaci’ di Tiongkok yang Masih Jadi Misteri

“Mereka tumbuh lebih besar dari yang Anda pikirkan dan berkontribusi pada kualitas air yang buruk dengan mengotori sedimen dasar dan mencabut tanaman,” ungkap pejabat Kota Minnesota.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email